Wednesday, September 21, 2016

Selfie dan Celoteh Siswa di Pembelajaran BEL ME LOG TWEET Ala ONE SM

Selfie dan Celoteh Siswa di Pembelajaran BEL ME LOG TWEET Ala ONE SM
Oleh : Iwan Sumantri (Guru Matematika SMPN 3 Cibadak)

Pembelajaran matematika kelas IX di SMP Negeri 3 Cibadak telah memasuki bulan ke -2 sejak KBM dilaksanakan. Tak seperti pada tahun pelajaran sebelumnya, tahun pelajaran 2015/2016 proses pembelajaran matematika kali ini mencoba dengan penerapan model pembelajaran Flipped Classroom dengan BEL ME LOG TWEET (Belajar Melalui Blog dan Twitter).

Secara singkat, “Flipped Classroom” adalah konsep yang berprinsip untuk menukarkan kegiatan-kegiatan yang biasa dilaksanakan di kelas seperti penjelasan-penjelasan guru  melalui presentasi di kelas, dengan kegiatan-kegiatan yang biasanya dilakukan di luar kelas seperti mengerjakan pekerjaan rumah (pe-er). Dalam penerapannya, guru dapat merekam atau meng-konversi materi-materi yang biasa dijelaskan di depan kelas menjadi materi berbentuk digital (dokumen PDF, video, audio/podcast) sehingga dapat ditempatkan secara online untuk diakses pembelajarnya atau dikemas dalam CD-Rom/DVD-Rom untuk dipelajari pembelajarnya. Siswa akan diminta untuk mempelajari materi-materi tersebut sebelum pembelajaran dikelas dimulai sehingga pada saat berada di dalam kelas, para siswa akan dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan pembelajaran aktif (contohnya diskusi, simulasi, atau pengerjaan soal-soal latihan) dan guru akan menjadi fasilitator untuk melancarkan kegiatan pembelajaran di dalam kelas tersebut. Dengan pengaturan ini, diharapkan agar materi yang diajarkan dapat diserap dengan lebih baik oleh siswa.


Berikut beberapa aktifitas siswa yang bisa terekam melaui akun twitter @onesmmat yang di berikan kepada siswa dan memfollownya :

1) Selfi Siswa Kelas 9A bisa dilihat disini
2) Selfi Siswa Kelas 9B bisa dilihat disini
3) Selfi Siswa Kelas 9C bisa dilihat disini
4) Selfi Siswa Kelas 9D bisa dilihat disini
5) Selfi Siswa Kelas 9G bisa dilihat disini
6) Selfi Siswa Kelas 9H bisa dilihat disini

Celoteh dan curat coret para siswa tentang bagaimana belajar dengan BEL ME LOG TWEET bisa di simak :

1) Celoteh Siswa Kelas 9A bisa disimak disini
2) Celoteh Siswa Kelas 9B bisa disimak disini
3) Celoteh Siswa Kelas 9C bisa disimak disini
4) Celoteh Siswa Kelas 9D bisa disimak disini
5) Celoteh Siswa Kelas 9G bisa disimak disini
6) Celoteh Siswa Kelas 9H bisa disimak disini

Video Hasil Kreatif Siswa saat melaporkan pembelajaran BEL ME LOG TWEET berikut ini :



Itulah proses pembelajaran yang mudah-mudahan sesuai dengan era abad 21 yang serba kreatif, inovatif dan mengikuti jaman !