Friday, November 6, 2015

Guru Matematika Dominasi Seminar PTK Tingkat Daerah

Dalam rangka upaya meningkatkan sinergi kerjasama antara Pusat Penelitian Kebijakan (Puslitjak),Balitbang Kemdikbud dan Jarlit Daerah menyelenggarakan program pembinaan untuk Jarlit Daerah, guru, dan kepala sekolah dalam penelitian kebijakan dan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah.

Pada tanggal 4 sd 5 November 2015 untuk Region I Temanggung dan Yogyakarta, Region II Bandar Lampung, 7-8 November 2015, dan Region III, Surabay 6-7 November 2015,  telah memasuki tahap seminar tingkat daerah. Sebanyak 60 peserta region I, 65 peserta Region II dan 44 peserta Region III, bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam Penelitian Tindakan Kecil yang dinilai dalam laporan dan penyajian terbaik. 4 peserta terbaik dari kegiatan seminar region akan dipilih untuk di undang di tingkat nasional.

Maksud dan tujuan seminar PTK adalah untuk bertukar informasi dan pengalaman hasil penelitian tindakan kelas disekolahnya dan memperoleh bahan masukan opsi kebiajakn pendidikan berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas. 

Hasil yang diharapkan dari penyelenggaran seminar regional hasi--hasil penelitian tindakan kelas yaitu untuk mendukung para pemangku kepentingan untuk:  1) menyusun buku buku prosiding"Hasil PTK Guru" yang sudah di laksanakan di kelas agar dapat di bukukan/didokumentasikan sebagai dokumen negara; 2) Menyeleksi hasil PTK untuk di usulkan mengikuti seminar nasional  hasil-hasil penelitian dan pengembagan; 3) menindaklanjuti hasil seleksi pemilihan calon peserta seminar Nasional dalam wujud penulisan KTI; 4) mempublikasikan brosur informasi singkat hasil PTK model WAPIK ; 5) menyusun usulan opsi merumuskan kebijakan berbasis PTK sesuai dengan masalah dan kebutuhan di tingkat satuan pendidikan.

Dari hal tersebut diataslah para peserta seminar dengan antusias,semangat dan kreatif berusaha melaporkan dan memafarkannya dalam presentasi hasil PTKnya. Seru...menegangkan...semangat...dan tentunya memuaskan dalam pelayanan kepada setiap peserta !

Yang membahagiakan bagi saya salah satunya adalah guru-guru matematika mendominasi dalan Seminar PTK tersebut, ada Mas Arif, Mas Purnomo, Mas Tarno, Kang Abdul Karim, Mas Abdul Karim, Mas Wodarso, Mba Tatik, Mas Eddy, Pak Fatur, Bunda Nurhayati, Mba Nelly, Bu Sri Wulan...

Berikut hasil jepretan lensa One SM dalam aktifitas kegiatan seminar region I Yogykarta di hotel eastparc, 4-5 November 2015. Siapa jawara ke tingkat Nasional, tinggal menunggu waktu !

Bersama Guru-guru Kreatif di Region I (Foto One SM)
Saat pemaparan Hasil PTK ( Foto One sm)




Foto lengkap bisa dilihat disini !


No comments: