Wednesday, November 11, 2015

SeNdiMAT III : Pesta Ilmiahnya Guru Matematika

SeNdiMAT III: Pesta Ilmiahnya Guru Matematika
Oleh: Iwan Sumantri (Peserta Diklat PBB Two In one)

Mengusung tema "Peran Pendidikan Matematika dalam Pembudayaan Karakter dan Pencerdasan Generasi Indonesia untuk Mendukung Pencapaian Daya Saing ASEAN" , seminar nasional pendidkan matematika 11-12 November 2015 resmi dibuka oleh Prof.Dr.rer.nat Widodo,M.S selaku kepala P4TK Matematika. Kurang lebih 223 makalah akan di presentasikan dengan kelompok pembelajaran matematika SD,pembelajaran matematika SMP, pembelajaran matematika SMA, pengembangan guru, pengembangan media dan metode, serta umum.

Setelah dibuka kegiatan Sendimat III, dilanjutkan Sesi Pleno I : Standar Komptensi Guru Tingkat ASEAN: Konsep dan Strategi Pencapaiannya disampaikan oleh : Prof Dr..rer.nat.Widodo,Ms, Sesi Pleno 2 : The Development of Using ICT in Education and its  relation toward human resources quality in Australia oleh Associate Professor Allan L.White. The Trend of Employing Calculator in mathematics learning : Emirtus Associate Professor Barry Kissane.

Ketiga pembicara tersebut mendapat perhatian yang luar biasa dari peserta Sendimat yang hadir . Pak Prof Widodo dengan gaya guyonnya bisa menghipnotis para guru matematika, bagaimana tantantangan guru kedepannya.Guru itu harus pandai dengan cara belajar. Untuk bisa guru harus pandai dalam ICT untuk menghadapi  persaingan kedepannya.

Alan White: perkembangan menggunakan ICT dalam pendidikan dan dampaknya terhadap kualitas sumber daya manusia di Australia. Dalam paparanya beliau mengatakan :
 ICT sebagai setam, ICT sebagai seorang teman, ICT sebagai idola, ICT sebagai mitra, ICT sebagai pembebas.

Barry Kisaane : memaparkan bagaimana kalkulator Casio bisa menyelesaiak permasalahan-permasalahan m atematika di kelas yang tidak bisa diselesaikan secara manual.

Kegiatan pembukaan selesai dilanjutkan dengan sesi paralel. Tepat pukul 13.30 sesi paralel di mulai . Saya masuk ke kelas paralel I kelompok pengembangan Media dan Metode .....ternyata pemakalahnya adalah para pemenang dan peserta ONIP 2015.....benar-benar beruntung bisa mendapatkan ilmu dan pencerahan tentang penelitin dan pengembangan berbagai alat peraga.


Hari ke-2......ditunggu beritanya. Foto kegiatan bisa dilihat disini !

No comments: