Tuesday, November 17, 2015

UKG : Cermin Keseharian Guru

UKG : Cermin Keseharian Guru
Oleh: Iwan Sumantri

 Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015 sedang bergulir sejak tanggal 9 November 2015. UKG adalaj ajang bercermin bagi para guru di negeri ini. Sejauh mana para guru berkompeten dalam pedagogik dan keprofesionalannya. Banyak cara,sikap dan perilaku yang ditunjukkan para guru menghadapi UKG ini. Banyak fenomena guru-guru menghadapi UKG online 2015 . 

Ada yang serius belajar karena khawatir pada waktunya tak lulus. Ada yang biasa saja, apa adanya. Ada yang deg-degan, ada yang enjoy menikmat...itulah dampak dari UKG Online, yang membikin guru berkecamuk dengan berbagai sikap,ulah dan aktifitas para guru.

Terlepas dari berbagai sikap dan kondisi guru, UKG setidaknya berdampak positif untuk para guru untuk selalu mencas dan merefleksi sejauh mana kemampuan para guru yang notabene sehar-harinya mengajar. Yang jelas guru harus tetap BELAJAR dn BELAJAR, sebagaimana mereka menyuruh dan memberikan motivasi pada siswa untuk selalu belajar.

Terimakasih UKG...telah membelajarkan para guru di negeri ini ! terlepas dari nilai pas,kurang atau melampaui KKM ! Yang nilainya baik dan lulus selamat, bagi yang nilainya kurang, UKG bukan untuk mematikan karier kita sebagai guru, tapi UKG adalah cermin kita para guru untuk berintropeksi diri !

No comments: