Friday, December 18, 2015

FIG Kab.Sukabumi Gelar Lomba Penulisan PTK dan Best Practice 2015

FIG Kab.Sukabumi Gelar Lomba Penulisan PTK dan Best Practice 2015
Oleh: Iwan Sumantri

Saat Pengambilan Sumpah Para Pengurus FIG (Foto DokPribadi)
Menutup proses pembelajaran semester 1 tahun pelajaran 2015-2016, Kasi dikmen Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan pelantikan pengurus Forum Ilmiah Guru Kabupaten Sukabumi yang bertempat di SMA Negeri Cisaat. 

Acara pelantikan FIG Kab.Sukabumi periode 2015-2018 di hadiri oleh Kepala Dinas Kabupaten Sukabumi Bapak Maman Abdurahman,M.Pd sekaligus melantik dan mengambil sumpah para pengurus FIG Kabupaten Sukabumi di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi.

Acara tersebut juga dihadiri oleh semua jajaran di Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi seperti Kabid, Kasi Dikdas/Dikmen, Ketua PGRI Kab.Sukabumi, para pengawas dari semua jenjang, para kepala sekolah SD/SMP/SMA/SMK, guru-guru dan para pemerhati serta masyarakat yang peduli pada pendidikan.

Dalam sambutannya, kepala dinas pendidikan menyampaikan, bahwa FIG (Forum Ilmiah Guru) adalah mitra kerja PGRI, yang diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan kabupaten Sukabumi. Dengan berdirinya FIG diharapkan dapat meningkatkan mutu dan output para pendidik sehingga memiliki otot,kreatifitas dan otak untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Sukabumi bukan hanya secara perorangan tapi secara komunitas. Guru-guru Kabupaten Sukabumi potensial mengukir prestasi ditingkat nasional. Beliau menyampaikan kebanggaan dan apresiasi yang tinggi buat para guru kabupaten Sukabumi, tahun 2015 pengawas berprestasi tingkat Nasional terbaiknya di raih Pak Surya Suryanto M.Pd, UKG dengan nilai 100 salah satunya di raih oleh guru SMU Albayan (Pak Fitriyadi), di Simposium Guru ada Pak Dindin Jamaludin,M.Pd (Guru SMA Parakansalak) masuk 200 KTI tingkat Nasional. Di LKG (Lomba Kreatifitas Guru) dalam Pembelajaran tahun ada Pak Iwan Sumantri,S.Pd (SMPN3 Cibadak) masuk 20 Finalis tingkat Nasional, serta guru-guru lainnya yang berprestasi secara individu.

Saat Pelantikan Pengurus FIG Kab.Sukabumi (Foto Dok.Prinadi)
Dalam pendidikan ada 4 komponen utama yang akan menjadi unsur utama pendidikan bisa berjalan dan berhasil dengan baik dan optimal, yaitu 1) unsur Guru; 2) unsur Kepala Sekolah; 3) Unsur Pengawas; 4) Kepala Dinas.

Dalam akhir sambutannya, beliau mengajak semua stekholder di dinas pendidikan kabupaten sukabumi untuk bersama dan secara ikhlas untuk memajukan pendidikan di kabupaten Sukabumi sesuai dengan garapan dan bidangnya.

Bu Kasi Dikmen Saat Menyampaikan Laporan Kegiatan  (Foto Dok.Pribadi)

Selain acara pelantikan pengurus FIG, panitia juga menggelar Lomba Penulisan PTK dan Best Practice yang di ikuti oleh para guru dan Kepala Sekolah SMA/SMK yang ada di kabupaten Sukabumi.
Setelah melalui seleksi dan penilaian karya para peserta, panitia memilih 10 Finalis untuk guru untuk PTK dan 7 Kepala Sekolah untuk Best Practicenya.

Kepala Dinas Kab.Sukabumi dalam kegiatan tersebut berkesempatan menyaksikan secara langsung para finalis dalam mempresentasikan hasil karya PTKnya.

Berikut 10 Finalis Lomba PTK tingkat SMA/SMK yang diadakan oleh FIG 2015:

1) Noorsyahid,S.Si (SMA PU Albayan ) Guru Fisika
2) Drs.Jaka Suryawan,M.Pd (SMAN 1 Nagrak) Guru Kimia
3) H. Bahar Sungkono,S.Pd (SMA IC Alkausar) Guru Sejarah
4) Panji Pratama,S.S,M.Pd (SMAN 1 Nagrak) guru Bahasa Indonesia
5) Dindin Jamaludin,M.Pd (SMAN 1 Parakansalak) Guru PKn
6) Dra Tuti Hariyani,M.Pd (SMAN 1 Cibadak) Guru Fisika
7) Solehudin,S.Pd (SMAN 1 Warungkiara) Guru Matematika
8) Suwardi,S.Pd (SMKN 1 Cibadak ) Guru Simulasi Digital
9) Jasmansyah,M.Pd (SMAN 1 Cibadak ) Guru Bahasa Inggris
10) Hj.E.Dike Mariske,M.P Him (SMAN 1 Cikembar) Guru Kimia

10 Finalis Lomba PTK Guru SMA/SMK 2015 (Foto Dok.Pribadi)

Ke-10 Finalis berjuang dan berupaya serta berargumen untuk menampilkan karya PTKnya di depan tiga juri yang handal dan memiliki prestasi dalam PTK ditingkat Nasional. (1. Mumuh M.Pd Kepala Sekolah SMA 1 Sagaranten, 2. Yudi Setiawan, M.Pd,M.Si Kepala Sekolah SMAN 1 Ciemas , 3. Drs.Erwanda Kepala Sekolah SMAN 1 Sagaranten).

Para Juri Lomba PTK Guru SMA/SMK 2015 (Foto Dok.Pribadi)

Kegiatan final lomba PTK tersebut berakhir pukul 18.00, 
Siapa pemenangnya? akan ditentukan Jumat,18 Nopember 2015 bersamaan dengan pengumuman pemenang Best Practice untuk Kepala Sekolah, yang bertempat di SMANDAK.

Album Kegiatan ada disini

No comments: