Monday, December 28, 2015

Saya Guru Matematika Saya Bisa Menulis

Saya Guru Matematika Saya Bisa Menulis
Oleh: Iwan Sumantri

Mengakhiri tahun 2015, saya mencoba kembali menerbitkan buku pribadi, sebagai agenda tahunan, 1 tahun harus bisa menerbitkan 1 buku.
Berikut sinopsis buku saya yang ke-4, mudah-mudahan bisa jadi motivasi dan pemberi gairah para guru untuk menulis dan menulis :

Sinopsis Buku
Menulis adalah kebiasaan penulis sejak di bangku Sekolah Dasar. Ada banyak hal yang bisa ditulis oleh seseorang, karena menulis adalah keterampilan yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk guru. Menulis bisa di buku dan dimana saja selama ada sarana prasarananya termasuk di Blog. Seorang guru tentunya harus memiliki kemampuan untuk menulis. Menulis merupakan kewajiban dan kebutuhan bagi seorang guru, termasuk guru matematika di dalamnya. Dengan segala keterbatasan yang dimiliki oleh seorang guru matematika mencoba menulis apa yang bisa di tulis dan di tuang dalam keseharian di sela-sela kesibukan mengajar di kelas.

Dengan berbantuan sebuah Blog gratisan seorang guru Matematika mencoba menuangkan dan menceritakan  pengalaman dari seorang guru matematika bisa menulis.

Buku ini berisi tentang kelanjutan dari buku pertama “ Bukan Mimpi” Guru Jadi Blogger, dimana tulisa-tulisan di buku ini adalah sekumpulan artikel yang di tulis oleh seorang guru matematika yang telah memenangkan berbagai lomba penulisan artikel dan karya tulis ilmiah (PTK) sehingga bisa mengantarkan ke simposium guru,finalis Lomba Kreatifitas Guru Dalam Pembelajaran bidang sains 2015, memperoleh bantuan hibah untuk PTK dari Puslitjak Kemendikbud 2015 sampai bisa tampil di Seminar Pendidikan Patematika (Sendimat 3) P4TK Matematika Yogyakarta tahun 2015.

Di jaman yang serba digital dan kemajuan teknologi terutama ICT, menulis salah satunya bisa dilakukan melalui dunia maya dengan media blog. Di Blog kita bisa menulis apa saja yang kita mau, bisa keluh kesah penulis, cerita dan aktifitas penulis, bahkan kita bisa berbagi pengalaman dan sharing serta berlomba memunculkan gagasan dan ide pada suatu lomba.

Jadi tak salah jika buku “ Saya Guru Matematika, Saya Bisa Menulis” harus di miliki oleh para guru, sebagai motivasi dan bahan pembelajaran, bagaimana seorang guru menulis. Ingat Guru Mulia Karena Karyanya (Anis Baswedan).

13 comments:

Nurhayati said...

Mau dong Kang Iwan bukunya

Iwan Sumantri said...

Insya Allah Bu nanti saya kirim kan kalau sudah kelar !

Cara Menangani Anak Muntah Muntah said...

Artikel yang sangat menarik untuk dibaca, dan juga bermanfaat untuk menambah wawasan kita.

Iwan Sumantri said...

Makasih atas apresiasinya !

Salamia Mumtaza said...

Ditunggu bukunya Kang Iwan.

Salamia Mumtaza said...

Ditunggu bukunya Kang Iwan.

Iwan Sumantri said...

Insya Allah akan segera kelar, mohon doanya !

Chandra Sri Ubayanti said...

Terima Kasih sudah menginspirasi Pak Iwan. Tadi di awal tulisan saya pikir bgm membawa aktivitas d atm dlm pembelajaran matematika d kelas....ternyata bukan...ok sukses pak Iwan

Iwan Sumantri said...

@Bu Chandra: Makasih atas Semoga saja buku tersebut bisa menginspirasi dan memotivasi para guru untuk menulis buku !

Krani Pratiwi said...

Jadi ingin punya buku sendiri ! Jika udah terbit kirim kan ke Bandung Pak !

Iwan Sumantri said...

Ayo atuh belajar membuat buku sendiri ! Siap akan dikirim sebanyak mungkin buat semua orang di Bandung...hehehe !

Titik Asa said...

Wilujeng siang Pak Iwan,
Nembe berkunjung ka blog ieu, menarik pisan eusina.
Salut, tiasa nerbitkeun buku pribadi Pak...

Salam ti abdi di Rambay, Cisaat.

Iwan Sumantri said...

Hatur nuhun Pak Titik Asa...wilujeng Sumping atuh di Blog sederhana ieu !