Wednesday, January 13, 2016

Pembelajaran Hidup dari Film I AM HOPE : "Jangan Pernah Takut Gagal, Karena Dimana Ada Kemauan, Disitu Ada Harapan"

Pembelajaran Hidup dari Film I AM HOPE : "Jangan Pernah Takut Gagal, Karena Dimana Ada Kemauan, Disitu Ada Harapan"

Oleh: Iwan Sumantri

Siapa sih yang tak kenal Film di era sekarang ini, era yang serba digital dan maju dengan teknologi.  Film adalah gambar hidup yang juga sering disebut movie. Film secara kolektif sering disebut sinema yang bersumber dari kata kinematik atau gerak. 

Film merupakan karya seni berupa rangkaian gambar hidup yang diputar sehingga menghasilkan sebuah ilusi gambar bergerak yang disajikan sebagai bentuk hiburan. Ilusi dari rangkaian gambar tersebut menghasilkan gerakan kontinyu berupa video. Film merupakan bentuk seni modern dan populer yang dibuat untuk kepentingan bisnis dan hiburan. Pembuatan film kini sudah menjadi sebuah industri populer di negeri ini bahkan diseluruh dunia, dimana film film layar lebar selalu dinantikan kehadirannya di bioskop bioskop bahkan di layar televisi sekarang ini orang selalu berharap. 





Film dibuat dengan dua cara utama. Yang pertama melalui teknik pemotretan dan perekaman melalui kamera film. Cara ini dilakukan dengan dengan memotret gambar atau objek. Yang kedua menggunakan teknik animasi tradisional. Cara ini dilakukan melalui animasi grafis komputer atau teknik CGI. Keduanya juga bisa dikombinasikan dengan teknik dan visual efek lainnya. Pembuatan film biasanya memakan waktu yang relatif lama. Selain itu juga memerlukan job desk masing-masing, mulai dari sutradara, produser, editor, wardrobe, visual effect dan lain-lain.  

Seiring berkembangnya dunia perfilman, semakin banyak film yang diproduksi dengan corak yang berbeda-beda mulai dari alur cerita, teknik pengambilan gambar orientasi pembuatannya sampai dengan genre. 

Berdasarkan ceritanya, film bisa dibedakan antara film fiksi dan non fiksi. Fiksi merupakan film yang dibuat berdasarkan imajinasi manusia dengan kata lain film ini tidak berdasarkan pada kejadian nyata, sedangkan film Non-Fiksi yang pembuatannya iilhami oleh suatu kejadian yang benar-benar terjadi yang kemudian di masukkan unsur-unsur sinematografis dengan penambahan efek-efek tertentu seperti efek suara, cahaya, musik, kompuerisasi, skenario atau naskah yang memikat sehingga para penonton akan terbuai di dalamnya sehingga mendukung daya tarik film Non-Fiksi tersebut. 

Salah satu film non-Fiksi yang di tunggu-tunggu kehadirannya di tahun 2016 adalah Film I AM HOPE.  Film drama I Am Hope merupakan sebuah film drama yang di sutradarai Adilla Dimitri berdasarkan naskah yang di tulis bersama temannya yaitu Renaldo Samsara  . Di film I Am Hope ini di bintangi oleh Tatjana Saphira, Tio Pakusadewo, Ray Sahetapy, Fachri Albar dan Fauzi Baadilla . Alkimia Production yang memproduksi film I Am Hope akan menayangkannya  di bioskop Indonesia mulai 18 Februari 2016, yang bertepatan dengan peringatan hari Kanker.

Dari Film Drama I AM HOPE tercipta dari sebuah mimpi dan suatu harapan kecil dari beberapa sahabat yang ingin membangkitkan solidaritas dan budaya menyumbang diantara masyarakat dan menyebarkan harapan di segala aspek kehidupan melalui sebuah gelang yang dibuat dari sisa kain designer senior kebanggaan Indonesia Ghea Panggabean yaitu Kain Pelangi Jumputan, dan Pelangi adalah simbol dari harapan. 


Terciptanya Gelang Harapan #BraceletofHOPE yang kemudian menjadi suatu Harapan besar dan kenyataan, karena energi positif dan sambutan yang luar biasa dari semua relawan dan Warriors Of Hope (Pejuang Harapan).





Film Drama I AM HOPE diharapkan menyebarkan virus Harapan yang merupakan komitmen dari Gerakkan @Gelangharapan yang di mulai dari khususnya kepada pejuang kanker dan keluarganya dari tahun ketahun disegala aspek kehidupan.

Hanya dengan hitungan hari, tepatnya 18 Pebruari 2016 film drama I AM HOPE akan tayang dinegeri ini. Sutradara Adilla Dimitri dengan produser Wulan Guritno,Janna Sukasah-Joesoef,Amanda Sukasah berharap sekali film ini akan menumbuhkan Harapan di segala aspek dalam kehidupan di negeri ini.




Sinopsis Film Drama I AM HOPE


Film drama "I AM HOPE " bercerita tentang sorang gadis yang cantik bernama Mia ,21 tahun (Tatjana Saphira), yaitu seorang gadis pemimpi, yang mempercayai bahwa setiap mimpi bisa bisa jadi nyata. Mia yang sejak kecil bermimpi ingin sekali membuat teather. Namun suatu hari Mia di usia mudanya di vonis menderita penyakit kanker, salah satu penyakit yang mematikan, yang juga telah merenggut ibundanya. Di saat itulah Mia harus melepaskan mimpinya.

Sekarang Mia harus tinggal dengan dua orang yang paling di cintainya, yaitu Raja (ayahnya /Tio Pakusadewo), seorang ayah yang percaya dan seorang seniman / musisi bahwa mimpi itu penting dan saudarinya (Alessandra Usman). Tapi dilain sisi pengobatan juga penting. 

Dalam Film drama ini tergambar bagaimana dekatnya seorang ayah dengan anaknya. Seorang ayah yang peduli akan mimpi anaknya. Problema hidup bergulir, ayahnya kembali terpuruk, ekonomi makin merosot, dan yang paling bergaris  bawah merah bagi Mia adalah mimpinya yang perlahan akan sirna. Namun demikian , Mia selalu di temani oleh Maia, yang terus setia dan bersikap positif disampingnya. Selain Maia ada sosok David (Fachri Albar) yang selalu setia menghibur dam memberi semngat Mia dalam kesehariannya dengan cerita-cerita ketika mudanya.

Saat kondisi Mia yang semakin melemah dia mempunyai keinginan yaitu mewujudkan pertunjukkan sebuah teather. Akan tetapi saran seorang dokter (Ray Sahetapy) agar Mia lebih menjaga kondisi dan kesehatan tubuhnya. Namun dengan persiapan teather, tubuh Mia semakin lemah hingga akhirnya pingsan. 

Mia pun tegar berjuang menguatkan dirinya untuk menghadapi beberapa proses kemoterapi dengan dukungan sang ayah, saudaranya dan rekan disekitarnya, sampai hampir seluruh tabungan yang telah ia persiapkan unruk membuat pertunjukkan habis terpakai. Dengan semangat Jangan pernah Takut gagal, karena dimanapun ada kemauan, disitu ada harapan, yang pada suatu hari, Mia mencoba menghubungi salah seorang produser pertunjukkan ternama melalui alamat yang ia miliki.

Akankah Mia berhasil mewujudkannya dan melawan penyakit kanker yang di deritanya?

Untuk menjawab itu tentunya kita WAJIB menonton Film Drama I AM HOPE. Untuk itu selalu simak gerakan Gelang Harapan , I am Hope the Movie dan aktif selalu di sosmed baik facebook,twitter mapun instagram, untuk para blogger tentunya selalu menengok Uplek.com. 

Ending  I Am Hope The Movie Versi One SM ( Iwan Sumantri )

Mia Akan  SEMBUH dan HIDUP untuk menikmati perjuangannya, karena Mia seorang wanita yang tangguh, akan menghadapi semua masalahnya dengan dukungan dari pihak keluarga, orang yang dicintai dan HARAPANNYA. Mia adalah gadis pejuang Kanker yang terus di temani oleh HARAPAN. Dengan keyakinannya , DIA AKAN SEMBUH  dan MENDAPATKAN MIMPINYA, karena Mia pantas untuk mendapatkannya, karena MIA sosok gadis yang TAK PERNAH TAKUT GAGAL, KARENA DIMANA ADA KEMAUAN, DISITU ADA HARAPAN....Harapan untuk Sembuh dari penyakit Kanker yang menurut orang penyakit kanker sulit untuk di sembuhkan, tapi dengan skenario Allah Swt dan Keyakinan kalau menurut-NYA harus sembuh, maka kita manusia hanya bisa BERHARAP....dan tinggal menerimanmya.

Pembelajaran hidup bisa kita ambil saat Mia menyakini bahwa harapan untuk bisa sembuh dan sehat serta mewujudkan mimpinya adalah kekuatan dan energi hidup yang besar yang membuatnya bisa bertahan selama ini. Sikap berterimakasih Mia pada gadis kecil yang menjadi inspirasi dan motivasi dalam menjalani hidup serta orang-orang terdekat, ayahnya, saudaranya Maia dan sang kekasih David, mereka semua pemberi kekuatan dan energi untuk tetap bertahan dengan HOPE yang dia miliki...Jangan Pernah Takut Gagal...karena Dimana Ada Kemauan...Disitu ada HARAPAN.

Ingat Soundtrack #IAmHopeTheMovie berikut ini , jadi pembelajaran Hidup disegala aspek kehidupan:


Nyanyian Harapan

Hidup Terkadang Sulit diterka
Akan Kemana Membawa Kita
Bila Saja Segala Rencana
Berjalan Apa Adanya
Walau Tak mudah Untuk Bertahan
Ku Menolak Kalah Oleh Keadaan
Meski Tiada Yang jamin Ku Disini
Esok Masih Melihat Mentari
oh....
Harapan Takkan Mati
Ku Takkan Sendiri 
oh....
Percaya Dalam Gelap  
Sinarkan Menyala Harapan Kan Ada
Berhentilah Berputus Asa
Ku Pasti Bisa
Percaya Dalam Gelap
Harapan Kan Datang
Membawa Kan terang
Hidup Ini Sangat Berarti
Tak Ingin Ku Berhenti Bermimpi
oh...
Selama Tali Harapan Terikat Di Hati
oh...
Tak akan Kuberhenti
Mengarungi Deras Hidup ini
oh...
Percaya Dalam Gelap  
Sinarkan Menyala Harapan Kan Ada
Berhentilah Berputus Asa
Ku Pasti Bisa
Percaya Dalam Gelap
Harapan Kan Datang
Membawa Kan terang
Hidup Ini Sangat Berarti
oh...oh 
Tak Ingin Ku Berhenti Bermimpi
Percaya Dalam Gelap  
Sinarkan Menyala Harapan Kan Ada
Berhentilah Berputus Asa
Ku Yakin Pasti Bisa
Percaya Dalam Gelap
Harapan Kan Datang
Membawa Kan terang
Hidup Ini Sangat Berarti
Marilah Kita  Buat Bermakna
Walau Hidup Hanya Sementara
Ku Tak Akan Berhenti
Ku Tak Ingin Berhenti Bermimpi
Sinarkan Menyala
Harapan Pasti Ada

Demikian Ending I Am Hope The Movie versi dari seorang guru matematika setelah menonton teasernya. Ini akan  bermanfaat buat anak-anak yang masih bermimpi dan mengejar HARAPAN kedepan, dan Jangan Lupa untuk menonton Film I Am Hope The Movie di bioskop di seluruh Nusantara pada tanggal 18 Februari 2016 agar benar-benar terasa dan menyentuh hati kita semua untuk selalu punya harapan hidup di kondisi apapun kita, terakhir : 
 
PRE SALE @IAmHopeTheMovie yang akan tayang di bioskop mulai 18 februari 2016. Dapatkan @GelangHarapan special edition #IAmHope hanya dengan membeli pre sale ini seharga Rp.150.000,- (untuk 1 gelang & 1 tiket menonton) di http://bit.ly/iamhoperk Dari #BraceletOfHope 100% & sebagian dari profit film akan disumbangkan untuk yayasan & penderita kanker sekaligus membantu kami membangun rumah singgah .
Follow Twitter @Gelangharapan dan @Iamhopethemovie
Follow Instagram @Gelangharapan dan @iamhopethemovieFollow Twitter @infouplek dan Instagram @Uplekpedia#GelangHarapan #IamHOPETheMovie #BraceletofHOPE #WarriorOfHOPE #OneMillionHOPE #SpreadHope”


BlogCompetitionFinalBanner
Catatan Referensi Tulisan :
1) www.gelangharapan.org 
2)www.iamhopethemovie.com 
3) www.uplek.com  
4)https://id.wikipedia.org/wiki/Perkembangan_Film

26 comments:

Yani Sumanti said...

Mengharukan ...pembelajaran hidup yang bermanfaat buat semua kalangan..jika tuhan berkehendak untuk tetap hidup..vonis manusia tidak berlaku !
Sukses Pak Guru dalam Lombanya !

Iwan Sumantri said...

Makasih Bu Yani sudah memberikan apresiasinya...kita tunggu tanggal mainnya untuk Film I Am HOPE tersebut !

rizaldi maulana said...

inspiratif pak, pengen cepet-cepet nonton film nya

Iwan Sumantri said...

makasih suda mau singgah di blog sederhana ini ! Ya..sama ingin sekali nonton di Bioskop ! So pasti seru dan menginspirasi untuk selalu tegar dalam menghadapi cobaan hidup !

mario angkawidjaja said...

Jangan berhenti berharap... Para generasi penerus bangsa harus semangat belajar menggapai cita-cita. Film yang inspiratif, wajib_ nonton

Iwan Sumantri said...

@Mario Angkawidjaya: Makasih atas apresiasinya ! Setuju banget : Jangan berhenti berharap... Para generasi penerus bangsa harus semangat belajar menggapai cita-cita. Film yang inspiratif, wajib_ nonton
Kita tunggu tanggal mainnya !

Niken annisa salasah said...

Jangan berputus asa..... apa yang di cita-cita kan harus terus di kejar
"JALAN MENUJU KEBERHASILAN SELALU MENDAKI KE ATAS"
#patutdicontoh (Wajib_ditonton):)

Niken annisa salasah said...

Jangan berputus asa..... apa yang di cita-cita kan harus terus di kejar
"JALAN MENUJU KEBERHASILAN SELALU MENDAKI KE ATAS"
#patutdicontoh (Wajib_ditonton):)

Ziyanna Syarifatunnisa said...

Sangat mengharukan dan memotivasi pak film-nya bagi
para pemuda/pemudi yang ingin terus menggapai cita-citanya. Contoh film seperti ini yang harus terus dikembangkan.
(Disana ada kemauan, disitu ada harapan)

Iwan Sumantri said...

@Niken AS :Setuju..Jangan Putus Asa......harus selalu punya HARAPAn disetiap aktifitas kita !
Kesuksesan selalu banyak rintangannya....kita akan berhasil kalau kita punya harapan untuk menggapainya !

Iwan Sumantri said...

@Ziyanna S : Makasih atas apresiasinya ! Jangan Lupa Nonton Filmnya saat nanti tayang di bioskop2 Indonesia !

Krani Pratiwi said...

wajibnontonfilmnya

Iwan Sumantri said...

@Krani Pratiwi : Ya...wajib di tonton Filmnya ! Tunggu tanggal mainnya 18 Pebruari 2016 di seluruh biskop di negeri ini !

Hammam Pratama said...

jika lihat langsung di film nya kayanya akan lebih seru dan menyentuh ! pingin nonton langsung filmnya !

Iwan Sumantri said...

@Ananda Hammam P: Sama...ingin segera melihat Filmya langsung ! Sabar..kita tunggu tgl 18 Pebruari 2016....tayang di seluruh biskop di Negeri ini. Mudah-mudahan kita di beri kesempatan untuk bisa nonton langsung Filmya dan tahu pasti ending dari film tersebut !

Annisa Arif Rizqiani said...

Pengen banget nonton deh,,mampir juga ya ke blogku buat liat ending versi aku..

Iwan Sumantri said...

@Annisa Arif Rizqiani : Sama keinginannya..untuk nonton Film I AM Hope...tunggu saja tanggal mainnya 18 Pebruari 2016..makasih sudah mau berkunjung dan membaca ending versi ku !
Siap meluncur ke Lokasi !

mrbedelhoky said...

yey... belakangan ini pas Blogwalking banya Ane nemuin yang sependapat sama Ane.
"Mia tetap hidup.... :D :D yesss"

setuju banget dengan pernyataannya pak guru,
"Mia harus Hidup,Karena ia pantas untuk menerimanya" kereen...
smoga endingnya bisa beneran seperti itu

nais post pak guru, btw blognya rame banget ya pak, loading bukannya jadi lama loh :D

good luck dan salam bloggerhoki

Iwan Sumantri said...

@mrbedelhoky: Ya...saya berharap MIA TETAP HIDUP....karena skenario Allah SWT berperan.. dan ingin membuktikan bahwa dengan HARAPAN Yang Kuat dan TULUS semua bisa terjadi...pembelajaran dan pemberi semangat Hidup pada mereka yang sudah divonis secara dunia oleh manusia untuk tetap semangat bahwa ada energi yang super dari Allah SWT !
Makasih juga masukannya untuk blog ini...memang terlalu berat untuk bisa masuk blog ini...tapi mudah2an tetap mau berkunjung ke blog ini !
Semoga kita semua dapat hoki !

Dikma Nesavv Bias Nuansa said...

Jangan Berhenti Berharap dan terus bermimpi satu atau beberapa tahun ke depan impian itu kan terwujud , jika di landasi oleh niat dan usaha. Always Pray Allah (y) sangat mengharukan film nya tetapi lebih seru jika melihat dan menyaksikan langsung . Di tunggu tgl 18 Pebruari 2016 nya (y) Wajib Nonton (y) Sungguh menginfirasii..

ME AS WRITER said...

setuju bgt dengan quotesnya film ini, nice article btw!!

Iwan Sumantri said...

@Dikma NBN:Setuju banget :Jangan Berhenti Berharap dan terus bermimpi satu atau beberapa tahun ke depan impian itu kan terwujud , jika di landasi oleh niat dan usaha. Always Pray Allah.
wajib nonton filmnya

Iwan Sumantri said...

@Me As Weiter: makasih atas apresiasinya |

novia arie said...

WOwww,tulisannya lengkap, keren

Larangan Makanan Penderita Kanker Usus said...

keren abis

Jeruk Nipis Mampu Melangsingkan Badan said...

nice