Wednesday, February 24, 2016

"PBM Matematika Iwan Sumantri" Hadir Di Workshop dan Musda IGI I Sukabumi

"PBM Matematika Iwan Sumantri" Hadir di Workshop dan Musda IGI I Sukabumi
Oleh: Iwan Sumantri

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi telah mentransformasi cara pembelajaran abad 21. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengatakan, saat ini sumber kekuatan utama adalah pengetahuan atau informasi dan teknologi menjadi salah satu cara untuk menjangkau semua pihak dalam memberikan informasi, termasuk dalam dunia pendidikan dan proses pembelajaran siswa.

“Anak-anak kita sekarang sudah menjadi generasi abad 21, namun guru-gurunya masih abad 20 dan ruang serta sarana prasarana (sekolah) abad 19. Tantangan kita adalah bagaimana bisa mengajak hijrah bersama-sama dari pola industrial menjadi pola pembelajaran dijital, di mana anak-anak kita sudah berada di sana,” ujar Mendikbud saat membuka seminar bertajuk “Education Transformation and 21st Century Learning” Saat menutup kegiatan LKG 2015 yang lalu.

Ia juga mengatakan, dalam era dijital saat ini, setidaknya ada empat kompetensi yang harus dimiliki siswa. Empat kompetensi itu disebut 4C, yaitu Critical Thinking an Problem Solving(berpikir kritis dan menyelesaikan masalah), Creativity (kreativitas), Communication Skills(kemampuan berkomunikasi), dan Ability to Work Collaboratively (kemampuan untuk bekerja sama). Mendikbud menambahkan, selain 4C itu, siswa juga harus memiliki kompetensi budaya.


“Siswa harus mempunyai kompetensi budaya agar siswa tidak terserabut dari akar budaya yang dimiliki bangsanya. Justru siswa harus bisa membuat budaya mengalami perkembangan,” tutur Mendikbud.

Menyimak pernyataan Mendikbud tersebut, setidaknya guru harus bisa meningkatkan komptensinya, salah satunya adalah mengikuti workshop ICT.

IGI Wilayah Sukabumi bekerjasama dengan MGMP Bahasa Inggris SMA Kabupaten Sukabumi dan SMA Negeri 1 Cibadak, akan menggelar Workshop dengan tema " ICT For Smart, Fun, and Easy Teaching And  Learning dan Musda I IGI untuk wilayah Sukabumi (Kota/Kabupaten Sukabumi). Dalam Workshop tersebut, Alhamdulilah PBM Matematika Iwan Sumantri akan berbagi dan sharing dengan guru-guru yang tergabung dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) sekokab Sukabumi, mudah-mudahan bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat dan memomotivasi rekan guru lainnya dengan "Bagaimana Guru Ngeblog bisa naik kapal terbang dan ke LKG  tingkat Nasional "

Mau tahu? Yo..segera daftar dan jadi peserta !


Info Lengkap dan Mau daftar ada disini !