Wednesday, May 4, 2016

Video PBM Matematika Iwan Sumantri Di #IDL2016 Untuk #MTMH2016

Video PBM Matematika Iwan Sumantri Di #IDL2016 Untuk #MTMH2016
Oleh: Iwan Sumantri

PT.Telkom bekerjasama PGRI dan para guru di seluruh negeri menggelar Indonesia Digital Learning untuk mencari My Teacher My Hero di tahun 2016.

Berikut sekilas tentang IDL tersebut !
Indonesia Digital Learning merupakan salah satu program CSR PT. Telkom Indonesia sebagai wujud kepedulian Telkom Indonesia terhadap pergerakan kemajuan pendidikan di Indonesia khususnya perkembangan potensi, minat, bakat dan skill bagi para guru dalam bidang digital atau penggunaan system Information, communication, and technology (ICT). Secara khusus, Indonesia Digital Learning 2016 adalah program peningkatan kompetensi guru di bidang TIK dalam proses belajar mengajar.

Rangkaian Program IDL
Indonesia Digital Learning merupakan salah satu program CSR PT. Telkom Indonesia sebagai wujud kepedulian Telkom Indonesia terhadap pergerakan kemajuan pendidikan di Indonesia khususnya perkembangan potensi, minat, bakat dan skill bagi para guru dalam bidang digital atau penggunaan system Information, communication, and technology (ICT). Secara khusus, Indonesia Digital Learning 2016 adalah program peningkatan kompetensi guru di bidang TIK dalam proses belajar mengajar.Rangkaian Program IDL


Ada beberapa rangkaian dalam program Indonesia Digital Learning. Ada Pelatihan IDL dan My Teacher My Hero (MTMH). Pelatihan IDL akan dilaksanakan di 8 kota yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, Jogjakarta, Balikpapan, Jayapura, Makassar, dan Bandung. Setelah proses pelatihan IDL selesai dilaksanakan, akan diadakan Training Camp MTMH dan akan terpilih 45 orang, setelah itu, akan disaring lagi menjadi 17 orang. Lalu hasil akhir akan menjadi 8 orang terpilih dalam awarding My Teacher My Hero Competition. Dalam pelatihan Indonesia Digital Learning, peserta akan melakukan training yang dipandu oleh para pakar yang terpilih dengan mengaplikasikan modul yang telah dibentuk oleh Telkom Indonesia bagi para guru dalam mengaplikasikan kualifikasi digital yaitu Information, Technology and Communication (ICT). Pada program pelatihan Indonesia Digital Learning diharapkan para peserta mampu mengaplikasikan materi-materi dalam Modul IDL 2016. Dari program pelatihan yang dilaksanakan, akan terpilih 8 peserta menjadi pemenang MTMH (My Teacher My Hero).
Bersama Nara Sumber IDL2016 Bandung

Untuk mengikuti program "Pelatihan IDL dan MTMH", para peserta diminta untuk mendaftarkan diri pada website: indonesiadigitallearning.com dan diminta untuk mengirimkan naskah pembelajaran digital berupa RPP.

Syarat Peserta: Guru sekolah dasar menengah di wilayah NKRI Pernah Mengikuti Pelatihan IDL 2014/2015 dan atau Pelatihan yang diadakan Oleh Telkom Group Memiliki laptop atau notebook (dengan koneksi wireless atau modem) yang setiap harinya dipergunakan untuk menunjang aktivitas pembelajaran di sekolah   (guru harus sudah mampu mengoperasikan komputer dan menjalankan sejumlah aplikasi standar yang ada: word processor, spreadsheet, presentation, dan browser)
Minimal telah menerapkan secara sederhana aplikasi TIK di sekolahnya (presentasi, email, mailing list, website, dsb.)
Masuk Wisudawan IDL 2016 Bandung

Bersedia menularkan ilmu yang dimilikinya dengan cara mengijinkan hasil karyanya di-share ke seluruh Indonesia (creative common license) Pelatihan gratis Selama 2 Hari E-Certificate yang akan diberikan ke email peserta bila telah memenuhi syarat pelatihan (upload materi). Berkesempatan mengikuti MTMH  Award dan Booth Camp MTMH 2016 Tujuan dari Kegiatan Indonesia Digital Learning: Meningkatkan profesionalisme guru sebagai tenaga pendidik Membekali guru agar dapat memanfaatkan perangkat IT sebagai sarana untuk peningkatan mutu pendidikan Membekali guru dalam berkolaborasi dengan siswa dan guru lain di seluruh dunia Membekali guru agar mampu menggunakan dan memberdayakan sumber-sumber bahan ajar yang banyak tersedia di Komputasi awan Guru dapat memberdayakan berbagai aplikasi berbasis komputasi awan untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara online Dari Pelatihan Indonesia Digital Learning, diharapkan "output" yang diharapkan yaitu: Guru dapat menemukan, memberdayakan dan menggunakan bahan ajar berbasis cloud Guru dapat memproduksi konten sederhana maupun kompleks yang diletakkan di cloud untuk kemudahan sharingnya Guru dapat berkolaborasi melalui cloud dengan guru lain dan siswa Guru dapat memberdayakan berbagai aplikasi berbasis komputasi awan untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara online.

Berikut Videonya :

1 comment:

Opickaza said...

Semoga media pembelajarannya bisa terealisasi di lapangan