Wednesday, June 22, 2016

SPD (Selalu Pergi Diklat) Karena “DEKAT” dengan Orang DINAS

SPD (Selalu Pergi Diklat) Karena “DEKAT” dengan Orang  DINAS
Oleh: Iwan Sumantri

Bersama Pak Kadis Provinsi Jabar 
Yang Terhormat Pak Menteri

Teriring salam dan sejahtera saya buat Pak Menteri, semoga Bapak selalu sehat  dalam menjalankan tugas amanah bangsa.

Berikut ini saya mencoba  mengulas dan menyampaikan sesuatu yang saya rasakan untuk bahan masukan di dunia pendidikan tentang keberadaan Diklat/Pelatihan bagi Guru .

Saya dan tentunya guru-guru dinegeri ini berharap mendapat pelatihan diklat yang bisa  meningkatkan kompetensi kami dilapangan. Tapi asa dan harapan itu hanya sebatas pengharapan saja….Diklat dan pelatihan biasanya hanya bagi mereka (para guru) yang dekat dan kenal dengan orang-orang penting di DINAS Pendidikan, bukan karena kompetensi yang dimiliki guru tersebut untuk ikut diklat (asal tunjuk dan kirim).  Tak sedikit dan sudah umum ada guru yang spesialis diklat tiap bulannya karena kedekatan mendapat tugas dari DINAS Pendidikannya…gurunya itu-itu saja !

Makanya muncul kesenjangan antara guru yang selalu diklat/pelatihan dengan yang tidak pernah sama sekali. Saya jadi prihatin. Padahal kesempatan itu sebaiknya sama terlepas dari mampu dan tidaknya guru melaksanakan diklat/pelatihan. Hal inilah yang mungkin berimbas pada hasil UKG yang kurang memuaskan dan untuk para PNS bertumpuknya guru di golongan IVa karena pengembangan dirinya kurang (bahkan tidak ada sama sekali).

Tak sedikit hasil pelatihan/diklat tak berimbas pada guru-guru lain di lapangan,
Dari fenomena tersebut, saya berharap dan usul bisa disikapi oleh Pak Menteri beserta jajarannya.
Terimakasih.


2 comments:

Dewi Aja said...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

dedeh riska said...

baguss,,sopan sekalii ucapannya..