Thursday, August 18, 2016

"S-TIMASI" Gerakan Literasi Sekolah S3 Cita Idola

"S-TIMASI" Gerakan Literasi Sekolah S3 Cita Idola
Oleh: Iwan Sumantri


Memasuki tahun pelajaran 2016/2017 selain pemberlakuan kuirikulum 13 untuk kelas VII di S3 Cita idola (SMP Negeri 3 Cibadak) kabupaten Sukabumi juga mencanangkan Gerakan Literasi Sekolah yang diberi nama "S-TIMASI"...Smpn- Tilu MAca LiteraSI.

Apa itu Garakan Literasi Sekolah?

Gerakan Literasi Sekolah merupakan suatu usaha atau kegiatan yang bersifat partisipatif dengan melibatkan semua elemen sekolah (siswa,guru,kepala sekolah,tenaga pendidik/TU,pengawas sekolah, komite sekolah, orangtua/wali siswa) akademis,penerbit,media massa,masyarakat dan stikholder yang peduli akan pendidikan yang dapat mempresentasikan keteladanan, serta semua elemen dibawah koordinasi Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud.

Gerakan Literasi Sekolah di SMPN 3 Cibadak (S-TIMASI) adalah gerakan sosial dengan dukungan kolaboratif berbagai elemen. Upaya yang ditempuh untuk mewujudkannya berupa pembiasaan membaca para siswa. Pembiasaan ini di SMP Negeri 3 Cibadak dilakukan dengan kegiatan membaca 20 menit sebelum pembelajaran jam ke-1 dimulai pada setiap hari. (Pukul 07.40 sd 08.00).

Semua siswa membaca buku beserta guru di kelas. Setelah pembiasaan membaca terbentuk, selanjutnya akan dirahkan ke tahap pengembangan, dan pembelajaran yang disertai tagihan berdasarkan K-13. Variasi kegiatan bisa berupa perpaduan pengembangan keterampilan reseptif maupun produktif.

Pelaksanaan Literasi Sekolah di S3 Cita Idola, pada waktu tertentu dijadwal, dilakukan asesmen agar dampak keberadaan Gerakan Literasi Sekolah di S3 Cita Idola dapat diketahui dan terus menerus dikembangkan.

Gerakan Literasi Sekolah di S3 Cita idola (S-TIMASI) diharapkan mampu menggerakkan warga sekolah SMPN 3 Cibadak dan pemangku kepentingan serta masyarakat untuk bersama-sama memiliki, melaksanakan, dan menjadikan gerakan ini sebagai bagian penting dalam kehidupan di dunia pendidikan.






No comments: