27 September, 2016

Belajar BRSL dengan Buah JERUK

Belajar BRSL dengan Buah JERUK
Oleh: Iwan Sumantri

Belajar Matematika itu bisa menyenangkan, menarik dan menantang. Buktinya, Kamis 27 September 2016, pembelajaran Matematika Iwan Sumantri mencoba membuat kreasi dan mengembangkan pembelajaran Matematika dengan materi  pokok Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk mencari Luas Bola dengan bantun media/alat sebuah Jeruk....ya....buah JERUK yang biasa kita konsumsi setiap hari.

Dengan persiapan dan penyediaan alat serta bahan yang diperlukan seperti lem,gunting,kertas gambar,jangka,alat tulis dan tentunya Lembar Kerja Siswa (LKS) yang telah disiapkan sebelumnya....kegiatan dimulai dengan apersepsi dan syarat pengetahuan bahwa para siswa telah mengetahui mencari Luas Lingkaran sebelumnya....semua petunjuk dan cara kerja telah tertuang di LKS.

Ternyata respon siswa positip menanggapinya....dengan kelompok masing-masing siswa berkreasi...teliti...berpikir...disiplin akan waktu...dan tentunya mencari pengalaman langsung dengan membuktikan bahwa Luas Bola = 4 x Luas lingkaran yang pada akhirnya siswa menemukan sendiri bahwa Luas Bola selalu = 4 x Luas Lingkaran.

LKS yang telah di buatkan Sang Guru
Ternyata dengan pembelajaran seperti ini...daya ingat dan pengalaman siswa akan terbangun bahwa Luas Bola (buah Jeruk) = 4 x lingkaran, dan mudah-mudahan ini jadi pengalaman yang tak akan terlupakan selama mereka belajar matematika.

Awal pembelajaran saat mereka praktek tentunya ada kendala dan hambatan, manakala merekan belum paham apa yang akan mereka lalukan. Dengan bantuan dan arahan dari Sang Guru, mereka akhirnya memahami dan bisa mengerjakan sesuai dengan apa yang sudah dipandu dan difasilitasi oleh sang Guru.

Hasil mereka dari berdiskusi dan belajar bersama terekam dalam foto-foto dibawah ini. Semoga aktifitas pembelajaran Matematika dengan buah JERUK ini bisa memberikan kontribusi yang berarti bagi Pembelajaran Matematika....Membangun mindset siswa bahwa Matematika itu menarik...tidak Sulit dan tidak Menakutkan !!








Album Lengkapnya ada DISINI !

Video Proses Pembelajaran Belajar Luas Bola dengan Buah JERUK





No comments: