Thursday, September 22, 2016

Sekolah Sehat dan Kelas Olahraga, Untuk Jantung Sehat


Sekolah Sehat dan Kelas Olahraga, Untuk Jantung Sehat
Oleh : Iwan Sumantri

Salah satu sekolah menengah di Kabupaten Sukabumi adalah SMP Negeri 3 Cibadak, dimana sekolah ini tempat saya mengajar,mendidik dan melatih para siswa. SMP Negeri 3 Cibadak, selain menjadi Sekolah Standar Nasional (SSN), Sekolah Berbudaya Lingkungan juga merupakan Sekolah Sehat dan Sekolah Kelas Olahraga Nasional.

Guna menyamakan persepsi tentang Sekolah Sehat dan Sekolah Kelas Olahraga , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Pedoman Gerakan Sekolah Sehat dan Sekolah Kelas Olahraga yang di dalamnya berisi  Standar Sekolah Sehat dan Kelas Olahraga.


Sehat adalah keadaan badan dan jiwa yang baik. Artinya, sesuatu dikatakan sehat jika secara lahiriah, batiniah, dan sosial berjalan secara normal dan baik, sehingga memung­kinkan sesuatu dapat produktif, baik secara sosial maupun ekonomis.  Jika hal ini dikaitkan dengan lem­baga pendidikan, maka sekolah sehat dapat dimaknai seba­gai lembaga pendidikan yang memiliki unsur-unsur yang baik (normal) secara lahiriah (jasmani) dan batiniah (rohani).

Sekolah Sehat,Sekolah Berbudaya Lingkungan Untuk Jantung Sehat (Foto Dok.Pribadi)


Sekolah Sehat Solusi Untuk Jantung Sehat (Foto Dok.Pribadi)
Sekolah Sehat dengan Taman/Kebun Sekolah Untuk Jantung Sehat (Foto Dok.Pribadi)

Sedikitnya ada 14 indikator sekolah sehat, yaitu : 1) Memiliki lingkungan sekolah bersih, indah, tertib, rindang dan memiliki penghijauan yang memadai; 2)Memiliki tempat pembuangan dan pengelolaan sampah yang memadai dan representatif; 3)Memiliki air bersih yang memadai dan memenuhi syarat kesehatan; 4) Memiliki kantin dan petugas kantin yang bersih dan rapi, serta menyediakan menu bergizi seimbang; 5) Memiliki saluran pembuangan air tertutup dan tidak menimbulkan bau tak menyenangkan; 6) Memiliki ruang kelas yang memenuhi syarat kese­hatan (ventilasi/AC dan pencahayaan cukup); 7) Memiliki ruang kelas yang representatif dengan ratio kepa­datan jumlah siswa di dalam kelas adalah 1: 2 m2; 8) Memiliki sarana dan prasarana pembelajaran meme­nuhi standar kesehatan, kenyamanan dan keamanan; 9) Memiliki ruang dan peralatan UKS yang ideal. (tersedia tempat tidur; timbangan berat badan, alat ukur tinggi badan, snellen chart; kotak P3K berisi obat; lemari obat, buku rujukan, KMS, poster-poster, struktur organisasi, jadwal piket, tempat cuci tangan/wastafel, data angka kesakitan siswa; peralatan perawatan gigi, unit gigi; contoh-contoh model organ tubuh, rangka torso dan lain-lain);10)Memiliki toilet (WC) dengan ratio untuk siswi 1 : 25 dan siswa 1: 40; 11) Memiliki taman/kebun sekolah yang dimanfaatkan dan diberi tabel (untuk sarana belajar) dan pengo­lahan  hasil kebun; 12) Memiliki kurikulum pembelajaran yang baik bagi tumbuh kembang siswa; 13) Memiliki kehidupan sekolah yang menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan; 14) Memiliki pola hidup bersih, higienis dan sehat
Kawasan Tanpa Rokok, Untuk Jantung Sehat (Foto Dok.Pribadi)

Dari 14 indikator tersebut diatas, point 14) Memiliki pola hidup bersih, higienis dan sehat salah satunya dengan menerapkan kawasan tanpa rokok di lingkungan sekolah dan senam sehat (olahraga) yang dimasukan dalam struktur kurikulum di SMP Negeri 3 Cibadak.
Dua kegiatan ini tentunya berhubungan dengan organ tubuh kita yang sangat vital yaitu jantung dan penyakitnya. 
Olahraga (Senam Sehat ) Rutinas Mingguan Untuk Jantung Sehat (Foto Dok.Pribadi)
Pengertian penyakit jantung adalah sebuah kondisi yang menyebabkan Jantung tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Hal-hal tersebut antara lain Otot jantung yang lemah (kelainan bawaan sejak lahir) dan atau adanya celah antara serambi kanan dan serambi kiri, oleh karena tidak sempurnanya pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi saat penderita masih di dalam kandungan. Hal ini menyebabkan darah bersih dan darah kotor tercampur.
 
Sekolah Sehat, Guru Sehat Untuk Jantung Sehat ( Foto Dik.Pribadi)
Penyakit jantung dapat menyerang siapa saja, entah itu orang tua, anak kecil (siswa), pria maupun wanita. Dari semua golongan manusia dapat terserang penyakit jantung. Pada umumnya penyakit jantung timbul karena pola hidup yang kurang sehat sehingga memicu timbulnya penyakit ini, selain itu ada juga beberapa penyakit yang dapat berdampak pada kesehatan jantung pula.
Dengan adanya sekolah Sehat dan Sekolah Kelas olahraga setidaknya ada usaha dini dilingkungan sekolah untuk para siswa,guru, orang tua siswa, dan pihak-pihak yang terkait dengan lingkungan sekolah dan dunia pendidikan.
Kelas Olahraga Untuk Jantung Sehat (Foto Dok.Pribadi)

Kita sudah tahu dan mengenal agar jantung tetap sehat dan kuat salah satu aktifitas yang harus dilakukan adalah : 1) Berhenti merokok . Dalam banyak penelitian sudah disebutkan berkali-kali bahwa rokok dapat merusak jantung. Selain itu, asap rokok juga diteliti mampu meningkatkan kolesterol jahat, menurunkan kolesterol baik dan meningkatkan risiko terjadinya penggumpalan darah.  Kegiatan di lingkungan sekolah SMPN 3 Cibadak telah menciptakan kawasan tanpa rokok disekolah. Semua siswa,guru dan seluruh staf di SMPN 3 Cibadak dilarang untuk merokok; 2) Olahraga teratur.  Banyak faktor yang membuat olahraga menyehatkan jantung. Salahsatunya olahraga bisa menurunkan kolesterol dan juga tekanan darah. Selain itu, dengan berolahraga secara teratur seseorang bisa memperolah berat badan yang ideal. Olahraga bisa dilakukan minimal 30 menit setiap harinya. Cara agar jantung sehat dan kuat selanjutnya adalah dengan rajin berlatih. Memberikan waktu sekitar 2 jam secara konsisten dan kumulatif setiap minggunya untuk olahraga diteliti dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung hingga mencapai 60 persen dibandingkan yang tidak aktif melakukannya. Kegiatan di lingkungan sekolah telah dilakukan secara rutinitas. Pembelajaran Olahraga dikelas 3 x 40 menit dan setiap hari Sabtu melakukan senam selama 40 menit sebelum pembelajaran dimulai.

Penyakit jantung masih menjadi salahsatu penyakit yang tergolong menakutkan bagi setiap orang, sehingga mencegah lebih awal dari resiko penyakit jantung lebih baik dibandingkan mengobati. Tentu saja ada berbagai macam cara yang bisa ditempuh untuk melindungi salahsatu organ penting tubuh ini. Sekolah Sehat dan Kelas Olahraga merupakan salah satu alternatif dan solusi untuk Jantung Sehat. 

(Tulisan ini diikut sertakan dalam lomba blog “Gaya Hidup Sehat untuk Jantung Sehat” yang diselenggarakan oleh Yayasan Jantung Indonesia dan Indonesiana)

Link di Indonesiana.tempo.co ada disini  

No comments: