Saturday, October 22, 2016

Belajar Banyak dari Workshop Perlombaan Karya INOBEL Guru SMP Angkatan II

Belajar Banyak dari Workshop Perlombaan Karya INOBEL Guru SMP Angkatan II
Oleh: Iwan Sumantri

Hotel Allium Batam, 17 sd 21 Oktober 2016 perhelatan Workhop perlombaan karya Inovasi Pembelajaran (INOBEL) guru SMP Angkatan II tahun 2016. Dalam upaya melakukan pembinaan dan peningkatan kompetensi guru, Kemendikbud melalui Dit Pembinaan Guru Dikdas menyelenggarakan perlomban karya Inovasi Pembelajaran (INOBEL) bagi guru SD/SMP yang terbagi menjadi dua angkatan.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya perlombaan karya inovasi pembelajaran bagi guru SMP tahun 2016 diawali dengan workshop. Peserta workshop terbagi menjadi dua angkatan, yang di dalamnya adalah para guru SD dan SMP yang mengirimkan karyanya dan terpilih dari kurang lebih 1200 naskah Inobel. Peserta tiap angkatan terbagi 120 peserta SD dan 120 peserta guru SMP untuk angkatan 1, begitu juga angkatan II.


Tujuan penyelenggaraan workshop ini :
1) Memotivasi Guru SD/SMP dalam melakukan inovasi pembelajaran
2) Memotivasi Guru SD/SMP dalam berkarier melalui karya inovasi pembelajaran
3) Meningkatkan kualitas karya inovasi pembelajaran bagi guru SD/SMP dalam hal penulisan karya tulis ilmiah, pemilihan media, dan presentasi akademik karya ilmiah
4) Meningkatkan tampilan karya inovasi pembelaaran
5) Meningkatkan desiminasi karya inovasi pembelajaran pada teman sejawat
6) Memberikan penghargaa kepada peserta yang karya tulisnya memenuhi syarat untuk mengikuti Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Tingkat Nasional tahun 2016.

Peserta workshop adalah guru yang telah menyerahkan karya inovasi pembelajaran dan telah lolos seleksi Naskah Perlomabaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD/SMP tahap I yang diadakan oleh Direktorat Pendidikan Dasar Tahun 2016.

Peserta Antusias Untuk Menyelesaikan Tugas
Tanya Jawab Peserta Workshop

Peserta workshop terdiri dari bapak/ibu yang ada di tiap provinsi, mulai dari ujung barat sampai timur, yang masing-masing angkatan terdiri dari 120 peserta baim SD maupun SMP.


Workshop Perlombaan karya INOBEL SMP tahun 2016 angkatan II yang dilaksanakan di Hotel Allium Batam, telah banyak memberikan ilmu dan pembelajaran bagi saya khususnya, serta semua peserta tentunya.

Dampak yang saya rasakan setelah mengikuti workshop tersebut, diantaranya:
1)   bertambahnya kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik pada diri saya
2) memberikan motivasi untuk meningkatkan kualitas cara penulisan dan substansi karya inovasi pembelajaran yang saya tulis sesuai dengan ketentuan perlombaan karya Inobel tahun 2016
3)  memberikan peningkatan kemampuan menyusun dalam karya inovasi pembelajaran sesuai dengan kriteria panitia Inobel 2016
4) lebih percaya diri untuk mempresentasikan karya inovasi 
5) memberikan kemapuan yang lebih lagi dalam hal menggunakan perangkat dan media pembelajaran sesuai dengan substansi karya inovasi yang saya buat.

Para Alumni LKG 2015 jadi Peserta Workshop
Tak ada satupun yang TIDAK bekerja

Selain dampak tersebut diatas yang saya rasakan, tentu kita bisa belajar dan  mengetahui karya-karya inovasi pembelajaran dari guru-guru hebat yang jadi peserta workshop ini.

Terakhir, ucapan terimakasih pada Bapak Kasubdit.Kesharlindung,Dit.Pembinaan Guru Dikdas yang telah memberikan informasi dan kebijakan Dit.Pembinaan Guru Dikdas, Bapak Drs.Otib Satibi Hidayat,M.Pd (UNJ, Jakarta) yang telah memberikan ilmunya tentang KTI, Presentasi Akademik, Bapak Drs.Hikmat,M.Pd (UPI, Bandung)) dengan materi Review Karya Inovasi Pembelajaran, Bapak Imam Edhi Priyanto,M.M.Pd (LPMP Kepulauan Riau) dengan materi Display/Pameran Karya dan Perbaikan Naskah Inobel dan Rencana Tindak Lanjut, Bapak Gema Rulyana ,M.Kom (UPI Bandung) dengan materinya Plagiarisme. Juga ucapan terimakasih pada semua jajaran panitia Workshop angkatan II di Batam, tak lupa tentunya semua peserta workhsop angkatan II guru SD/SMP yang telah memberikan suasana kekeluargaan, keterbukaan, saling membantu, diskusi, motivasi dan semua aspek yang bisa memberikan motivasi dan memberikan tantangan untuk selalu berinovasi khususnya dalam pembelajaram.....semoga semuanya di berikan balasan yang setimpal oleh Allah SWT.

Sambil berdoa dan terus berkarya, kita tunggu siapa yang berhak masuk babak FINAL Perlombaan INOBEL bagi guru SD/SMP tahun 2016?

Album Lengkap kegiatan workshop ada disini !
Selamat dan semoga sukses selalu disetiap aktifitasnya !
Nama-nama Peserta Workshop ada disini !

@onesmmat #KaryaInobel2016


5 comments:

Rudi Hartono said...

Foto saya...kang

mBak Enno Ro Sant said...

LANJUTTTT

Liga Adidas said...

hebat... mantap dah

Unknown said...

Bisakah saya mendapatkan materi tersebut.
Inobel Batam
Terima kasih

Unknown said...

Bisakah saya mendapatkan materi tersebut.
Inobel Batam
Terima kasih