Thursday, April 20, 2017

Jadi Guru Berprestasi Dambaan Guru Profesional

Jadi Guru Berprestasi Dambaan Guru Profesional
Oleh: Iwan Sumantri

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik,mengajar,membimbing,mengarahkan, melatih,menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Untuk melaksanakan tugasnya secara profesional, guru tidak hanya memiliki kemampuan teknis edukatif, tetapi juga harus memiliki kepribadian yang dapat diandalkan sehingga menjadi sosok panutan bagi peserta didik, keluarga maupun masyarakat.

Pemilihan guru sekolah menengah pertama (SMP) berprestasi 2017 merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah yang diberikan kepada guru atas prestasi dan dedikasi yang luar biasa di bidang pendidikan, yang di mulai sejak tahun 2002 hingga sekarang.

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi selaku bagian dari institusi pendidikan pemerintah pusat juga menyelenggarakan seleksi calon Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Berprestasi tahun 2017. Berbeda dengan tahun sebelumnya (2016) seleksi calon PTK berprestasi tahun 2017 di dinas pendidikan kabupaten sukabumi tanpa satuan pendidikan untuk jenjang SMA/SMK.

Berikut untuk tenaga kependidikan berprestasi meliputi : 1) Guru TK; 2) Guru SD ; 3) Guru SMP; 4) Kepala TK ; 5) Kepala SD; 6) Kepala SMP; 7) Pengawas TK; 8) Pengawas SD; 9) Pengawas SMP; 10) Penilik

Untuk menentukan PTK berprestasi dilakukan melalui berbagai penilaian, antara lain : 1) penilian portofolio; 2)Laporan Konerja Guru; 3) Video pelaksanaan pembelajaran; 4) tes tulis (kemampuan pedagogik dan kompetensi profesional); 5) Penilaian Publikasi Ilmiah dan/atau karya inovatif, 6) presentasi dan 7) wawancara. 

Pemilihan PTK berprestasi ini dilakukan secara objektif, transparan, dan akuntabel, sehingga PTK yang terpilih benar-benar merupakan sosok PTK yang profesional, sehingga para pemenang 1 bisa berlanjut ketingkat provinsi.


Pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung sejak 20 April s.d 21 April 2017.
Berikut hasil seleksi tahap 1, yang meliputi tes tertulis dan penilaian Portofolia peserta, sehingga yang lolos berhak ke tahap berikutnya :



Tahap berikutnya wawancara dan presentasi Karya Tulis Ilmiah dilaksanakan pada hari berikutnya. Siapa yang terbaik, bisa dilihat di info berikutnya....yang pasti Jadi Guru Berprestasi dambaan Guru Profesional !







No comments: