Thursday, May 4, 2017

Catatan Kecil UN SMP 2017

Catatan Kecil UN SMP 2017
Oleh: Iwan Sumantri

Hampir 30 tahun saya menjadi guru, sejak jadi honorer di SMP Tamansiswa Cibadak Alhamdulilah sampai sekarang menjadi PNS. Sejak jadi siswa SMP dan STM telah merasakan bagaimana suasana di Ujian Nasional (dulu EBTANAS).

Sejak jadi guru, sudah bisa merasakan menjadi pengawas dan menjadi panitia (POKJA) untuk ujian nasional. Selama kurun waktu tersebut yang saya rasakan dan saya ketahui waktu pelaksanaan Ujian Nasional selalu konsisten dan sama waktu pelaksanaannya yaitu selalu berurutan dan selalu di mulai waktunya sekitar pukul 07.30 atau Pukul 08.00 waktu setempat sd selesai.

Tahun 2017? ada yang aneh dan tak habis pikir buat saya untuk pelaksanaan UN SMP 2017. Coba kita simak !

Waktu Pelaksanaan, Selasa, 2 Mei, Rabu 3 Mei, Kamis 4 Mei, Senin 8 Mei 2017. 
Kita sudah tahu bahwa 2 Mei itu hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) harinya guru untuk mengevaluasi,mengenang dan menghargai jasa-jasa pahlawan di dunia pendidikan khususnya. Banyak guru di hari itu (Selasa 2 Mei) khususnya guru SMP merasa "terganggu" dengan pelaksanaan UN SMP pada tanggal 2 Mei. Banyak guru yang berbenturan waktu dan kegiatannya....guru menjadi tak fokus pada peringatan Hardiknas, banyak guru yang ijin untuk mengikuti Hardiknas sementara mereka jadi pengawas atau pokja di sekolahnya....seperti nya pembuat jadwal kegiatan tak menghargai 2 Mei itu hari pendidikan nasional.....anak-anak SMP kelas 9 yang sedang melaksanakan UN seolah-seolah tak di beri kesempatan untuk merayakannya...mereka harus fokus di UN nya. Belum para pejabat dan stekholder yang akan mensukseskan UN dengan jadwal monitoringnya...serta hal-hal lainnya yang mengganggu dengan berbenturannya dua kegiatan tersebut.





Waktu UN dimulai pukul 10.30 sd 12.30 ?
Coba kita telaah waktu tersebut untuk dunia pendidikan, apa pas? Dilihat dari kebugaran, olah pikir anak, para guru dan waktu ibadah, kelihatannya kurang pas. Sepengetahuan saya ini waktu UN yang aneh dan misterius dengan berbagai alasan yang dikemukakan, dan baru tahun ini benar-benar terjadi, seperti tak ada waktu lain untuk pelaksanaannya.



Itulah catatan kecil UN 2017 di mata seorang guru Matematika yang tak habis pikir kenapa itu bisa terjadi, semoga kedepannya pemerintah lebih selektif dan mempertimbangkan hal-hal lainnya utnuk pelaksanaan UN kedepannya....Sisa waktu pelaksanaan UN...Semoga anak-anak kita kita berhasil dan memperoleh hasil yang optimal.

Sukses UN SMP 2017 !


3 comments:

Nina Sulistiati said...

Memang sebaiknya UN dilaksanakan pagi hari. Dari segi fisik, cuaca pagi hari lebih segar. otak juga masih fresh. Kalau alasannya menunggu UNBK selesai dulu juga kurang tepat karena soalnya pun berbeda.

Iwan Sumantri said...

Setuju Bu...entah kenapa pemerintah menjadwalkan seperti itu dengan alasan ada UNBK katanya !

PGRI CIBADAK said...

akan berdampak pada hasil UN ?