21 September, 2017

Ada Sesuatu di Ciracap 4 (Bagian 3)

Ada Sesuatu di Ciracap 4 (Bagian 3)
Oleh : Iwan Sumantri ( IK Matematika)

Kegiatan IN 1 hari kedua (Selasa 12 September 2017) diisi dengan penyusunan RPP dan Instrumen penilaian, simulasi pelaksanaan pembelajaran, penilaian dan refleksi.

Semua IK dan guru sasaran melaksanakan aktifitas tersebut dengan segala keterbatasan dan kelebihan masing-masing IK dan guru sasaran saling berbagi dan berefleksi guna memperbaiki pembelajaran di kelas dan pembenahan administrasi terutama penyusunan RPP, dan Instrumen Penilaian.

Sesuatu yang berharga terutama buat saya selaku IK mata pelajaran Matematika yang menempuh perjalanan ke SMPN 4 Ciracapa selaku Induk Klaster yang berjarak kurang lebih 106 km, benar-benar sesuatu yang tak akan terlupakan dalam sejarah perjalanan menjadi guru. Buat rekan lain selaku IK dan juga para guru sasaran. Banyak ilmu yag didapat mulai dari pembiasaan para siswa, karakter para guru sasaran yang masih muda dan semangat untuk menimba ilmu dengan jarak dan lokasi yang sangat jauh dari tempat tinggalnya, semangat mengabdi untuk mencerdaskan anak bangsa agar kelak mereka menjadi anak-anak generasi emas. 




Para IK Sedang Diskusi Untuk Simulasi Pelaksanaan Pembelajaran (Foto Dok.One SM 2017

Diskusi, Refleksi dan Sharing Untuk Perbaikan Proses Pembelajaran (Foto Dok.One sm 2017)

Sesuatu Di Ciracap 4 telah mengingatkan saya untuk selalu bersyukur atas apa yang sudah,sedang dan akan di alami selama menjadi guru. Semoga kedepannya saya khususnya dan umumnya semua guru di negeri ini menjadi guru pembelajar yang senantiasa bersyukur,ikhlas dan amanah dalam melaksanakan tugas apapun dan dimanapun tugasnya.

Format RPP K-13 Revisi

Menutup tulisan Ada sesuatu di Ciracap 4, saya mencoba berbagi berikut ini, semoga bermanfaat !

11 HAL YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MENJADI PENDIDIK HEBAT

1. Ubah pola berfikir anda:  pembelajaran bukan tentang bagaimana guru mengajar tapi bagaimana siswa itu dapat belajar
2. Jangan hanya pelajari materi pembelajaran tetapi pelajari pula tingkah laku anak didik anda,   
3. Sampaikan tidak hanya dengan lisan tapi gunakan seluruh anggota tubuh untuk berkomunikasi kepada Siswa
4. Tunjukkan kepada siswa pentingnya belajar dimanapun dan di kapanpun juga. (Belajar tidak hanya di Sekolah saja)
5. Pastikan anda sudah mengaktifkan potensi VAK (visual, auditori, kinestetik) ke semua siswa
6. “Hukum durasi 20-30 menit” (sesuai penelitian siswa hanya mampu bertahan konsentrasi 20-30 menit, maka variasikan kegiatan belajar mengajar anda setiap 20-30 menit)
7. Lakukan dialog bukan monolog,
8. Ajukan pertanyaan yg tepat kepada siswa  
9. Tularkan emosi positif dan sikap optimis di depan siswa      
10. Bimbinglah anak belajar dengan cara belajar mereka sendiri. (Bukan anak tidak mau belajar tapi anak belum menemukan cara belajar yang sesuai untuknya)
11. Tampillah menarik di depan siswa. Tidak hanya dalam pakaian saja tetapi dengan menampilkan kepribadian yang menarik agar siswa tertarik dengan Pembelajaran yang anda sajikan.

    Terimakasih buat keluarga besar SMPN 4 Ciracap, Ibu Kepala, Para Guru dan staf Tata Usahanya, Para Kepala sekolah , guru sekolah sasaran dan semua pihak, kita akan bertemua di IN 2...Sesuatu Yang berharga.

3 comments:

Blog Briella P said...

Terimksih. Sangat bermanfaat

Guru Ataya said...

@Bu Ega BP : Terimakasih sudah mau berkunjung ke blog sederhana ini !

PGRI CIBADAK said...

Sukses Pak Guru Pendampingan K-13, semoga barokah !