Friday, September 15, 2017

Ada Sesuatu Di Ciracap 4 (Bagian2)

Ada Sesuatu Di Ciracap 4 (Bagian2)
Oleh: Iwan Sumantri (IK Pendamping)

Selasa, 12 September 2017,dihari kedua kegiatan IN 1 di Ciracap 4 tentunya berbeda suasananya. Para siswa SMPN 4 Ciracap hadir dan para guru sasaran yang mewakili semua mata pelajaran di K-13 juga hadir.  Sekolah sasaran SMPN 1 Ciemas, SMPN 3 Ciemas, SMPN 6 Ciemas Satap, SMPN 3 Ciracap, SMPN 4 Ciracap dan SMPN 6 Ciracap Satap.

Sesuatu yang menarik buat saya adalah bisa berbaur bersama anak-anak SMPN 4 Cicracap di awal kegiatan pembelajaran yaitu shalat dhuha bersama dan pengajian bersama...sesuatu yang berharga di sela-sela kita harus menerapkan pendidikan karakter di K-13, ternyata di SMPN 4 Ciracap telah diterpkan secara kontinyu dan konsisten, perlu di tiru dan jadi bahan masukan bagi kita yang disekolahnya belum menerapkan kegiatan tersebut.

Dengan tertib dan khusu para siswa dan keluarga besar SMPN 4 Ciracap mengikuti dan melaksanakan aktifitas tersebut, sesuatu yang jadi bahan dan masukan buat kita dalam menerapkan PPK "Rena Mandi Gotong Tas" (Religius,Nasionalis,Mandiri,Gotongroyong dan Integritas). Inilah sesuatu yang bisa kita implementasikan para guru dalam melaksanakan K-13 untuk KI-1 dan KI-2 untuk semua mata pelajaran.




Dimanapun dalam suasana apapun pembiasaan ini harus selalu dilaksanakan, inilah persiapan buat anak-anak kita dalam menyongsong era generasi emas nanti, karena pembiasaan seperti ini akan membentuk karakter dan sikap perilaku yang religius yang jadi modal buat anak-anak kita kelak dalam menjalani hidup yang serba komplek. Modal dasar inilah yang akan membentuk karakter sikap yang akan membentengi para siswa dari maraknya sikap perilaku yang negatif.

Ada sesuatu di Ciracap 4 (bersambung)

6 comments:

ichsan hidajat said...

Keren Ciracap4. Good for you, pa Iwan

Iwan Sumantri said...

Makasih Pak Ichsan atas apresiasinya !

Dadan Suherlan said...

Sesuai perbub no 33 tentang pembiasaan 10 ahlak mulia pa

Ega Briella p said...

Terimakasih Pa Iwan atas sesuatunya.

Iwan Sumantri said...

@Pak Dadan : Ya benar, Aktualisasi dan Pelaksanaan Perbup 33 Tentang Pembiasaan Ahlak Mulia
@Bu Ega : makasih atas apresiasinya...sesuatu yang berharga buat saya khususnya !

PGRI CIBADAK said...

Reportase yang memberikan motivasi buat sekolah-sekolah di negeri ini ! Semoga tetap dipertahankan pembiasaannya utk menerapkan karakter pada peserta didik