Saturday, October 28, 2017

Jadilah Pemuda Yang Hebat

Jadilah Pemuda Yang Hebat
Oleh: Iwan Sumantri

Negeri ini sudah pasti setiap tanggal 28 Oktober akan memperingati hari Sumpah Pemuda. Begitupun di tahun 2017 ini kita selaku warga negara yang baik pasti akan memperingatinya dengan berbagai bentuk dan tata cara selain upacara bendera.

SMP Negeri 3 Cibadak, perngatan hari Sumpah Pemuda yang mengusung tema "Pemuda Indonesia Harus Berani Bersatu' diperingati nya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan peringatan Sumpah Pemuda di S3 Ceria Berbudi diaksanakan lebih awal yaitu pada tanggal 27 Oktober 2017. Hal ini setelah dipertimbangkan atas berlakunya Full Day 5 hari sekolah.

Peringatan Sumpah Pemuda di S3 Ceria Berbudi digabungkan dengan peringatan bulan bahasa yang menjadi agenda tahunan di SMP Negeri 3 Cibadak.

Pelaksanaan Kegiatan, Jumat 27 Oktober 2017 Pukul 08.00 di awali dengan upacara bendera. Yang menjadi pembina upacara adalah Wakasek Kurikulum (Iwan Sumantri) dengan para peserta adalah siswa-siswa kelas 7,8 dan 9 dengan berpakaian sesuai kegiatan ekstrakurikuler yang di ikuti para siswa. Tentunya hal ini menjadi unik dan baru pertama kali terjadi di S3 Ceria Berbudi. Para siswa dengan gagah dan bangganya mereka memakai baju/pakaian/kostum kebesaran ekskul nya.

Barisan peserta upacara dipenuhi oleh para siswa yang mengikuti ekskul PMR, Bola Basket,Paskibra/Pasus,Pramuka,KIR,Inggris Klub,Remaja Mesjid,TIK,Futsal,Atletik dan KIR serta ekskul lainnya.

Dalam sambutannya pembina upacara menyampaikan tema Sumpah Pemuda Yang Ke-89 secara garis besar "Pemuda Indonesia Harus Berani Bersatu", jangan berikan para pemuda abu Sumpah Pemuda, tapi berikan lah mereka Api Sumpah Pemuda, yang mengobarkan semangat kebersamaan dan persatuan Pemuda Indonesia. 

Ada 7 hal yang bisa membawa pemuda menjadi Pemuda yang Hebat di era digital dan kemajuan teknologi saat ini, yaitu :

1) Suka membaca (Literasi)
2) Berada dalam satu komunitas yang Positif/Baik
3) Selalu mengikuti perkembangan jaman/kemajuan teknologi
4) Berorganisas
5)Suka Ngaji/Rajin Beribadah
6) Belajar dari yang lebih tua/senior
7) Melihat tayangan motivasi sehingga menginspirasi untuk lebih maju

Selain amanat pembina upacara peringatan Sumpah Pemuda di S3 Ceria berbudi juga diisi dengan penampilan kabaret/sosiadrama siswa kelas 9, pameran hasil kreatifitas siswa,lomba-lomba menyambut bulan bahasa (lomba cipta puisi,lompa poster,lomba baca pusi,story telling, dan lomba lainnya yang berhubungan dengan kebahasaan)



















2 comments:

elsan putra pratama said...

i like it,teruslah jadi motifator dan inspirator buat anak bangsa.smoga bapak panjang umur dan sehat selalu,amin ya allah ya rabb

Iwan Sumantri said...

@elsan putra pratama:Makasih atas apresiasinya serta doanya semoga kita selalu dan bisa menjadi inspirasi buat yg lainnya... Asmiin