Monday, December 25, 2017

Ada Sesuatu Di GOR Futsal SM Polos Bojonglopang

Ada Sesuatu Di GOR Futsal SM Polos Bojonglopang
Oleh: Iwan Sumantri

Bersama Risman Sang Motivator Cilik (Foto Dok One SM)
Bojonglopang Jampang Tengah, 24 Desember 2017, di hari libur sekolah yang ke-7, aktifitas PBM Matematika Iwan Sumantri berbeda dengan guru-gura lainnya yang memanfaatkan waktu libur pergi tour ke luar kota dan obyek-obyek wisata, PBM Matematika Iwan Sumatri memanfaatkan waktu bermain bersama anak-anak futsal S3 Ceria Berbudi di Turnamen Futsal Tahunan SM Polos Bojonglopang Jampang Tengah.

Dua Tim Futsal S3 Ceria Berbudi tampil di turnament tersebut dengan Coach RK dengan para pemain para siswa SMPN 3 Cibadak yang berusia 15 tahun kebawah. Guna menambah pengalaman dan mengasah skill yang sudah didapatkan serta menjalin silaturahmi dengan pemain-pemain di luar Cibadak, tim Futsal S3 Ceria berbudi mencoba keberuntungannya di turnamen tersebut. Sampai tulisan ini di posting, dua tim Futsal S3 Ceria Berbudi sudah melangkah kebabak semifinal dari 12 tim peserta yang ikut di turnament tersebut.

Risman Saat Pemanasan Menjelang Kick Off (Foto Dok.Pribadi One SM
Dari kegiatan turnament tersebut ada sesuatu yang bisa diambil sebagai bahan pembelajaran dan sekaligus motivasi untuk berjuang dan berupaya untuk menjadi yang terbaik. Di katagori usia 8 sd 12 tahun ada sosok pemain yang menurut logika tak masuk akal, kok bisa bermain futsal bersama-sama dengan anak-anak lainnya yang nota bene mereka semuanya serba lengkap dan sesuai dengan aturan permainan. Ada sosok anak kelas 5 SD usianya sekitar 11 tahun namanya Risman, dia anak yang special dengan anak atau pemain lainnya, kalau boleh dibilang dia punya kelebihan tersendiri, teman-temannya bermain futsal dan berlalri dengan dua kakinya, dia dengan semangat dan daya juang yang melebihi dari temannya dengan sebuah kakinya. Inilah pembelajaran yang berharga buat kita semua dengan apa yang kita punya dan miliki. Risman dengan segala kelebihannya yang dia punya memberikan pembelajaran pada teman-temannya dan kita semua, orang lain bisa bermain futsal, kenapa Risman tidak? Itu yang ada pada sosok Risman. Yang perlu kita catat dan kita tiru dari sosok Risman adalah dia tidak mau dikasihani oleh orang lain, dia ingin seperti taman dan sahabat-sahabatnya yang  bermain futsal, berlari kesana kemari dengan dua kakinya. Dia buktikan pada kita semua bahwa Dia mampu dengan segala kelebihan yang dia miliki.
Aksi Risman Saat Menjaga Gawang Timnya (Foto Dok.Pribadi One sm)

Risman Bersama Timnya Polos Usia 12 (Foto Dok.Pribadi One Sm)

PBM Matematika Iwan Sumantri mencatat ada beberapa hal yang bisa kita ambil dan menjadikan motivasi dari sosok Risman tersebut :


  • Semangat dan daya juang untuk meraih sesuatu dengan keterbatasan yang dia miliki bukan jadi kendala dan rintangan. Inilah Anak Zaman Now seharusnya.
  • Ada karakter Rasa Percaya diri dan Tanggung Jawab pada dirinya serta kekuatan yang serta keyakinan akan kemampuan pada dirinya.
  • Jadi pribadi yang Mandiri, yang tak mau dikasihani oleh orang lain
  • Semangat menjalani hidup dengan segala keterbatasan dia tetap menjalaninya.
  • Selama ada kemaunan dan berjuang apa yang dia inginkan bisa tercapai

Lima pembelajaran yang bisa kita ambil dari sosok Risman Sang Cilik Pemain Futsal yang bisa kita aplikasikan pada siswa siswi kita untuk menanamkan karakter sesuai dengan K-13, bahwa hidup ini harus dijalanai dengan perjuangan dan pilihan, apa yang kita mau ada pada diri kita masing-masing.


Buat ananda Risman, terinakasih, Anada telah membukakan mata hati kami semua para pemain futsal,penonton dan semua elemen yang ada di turnamen tersebut, belajar dari Ananda Risman, kenapa tidak? Ananda Risman adalah sosok anak yang seharusnya tumbuh dan memberikan teladan pada kita semua untuk menjalani hidup ini ! 

Risman Anak Jaman Now yang sesungguhnya !

Album Turnamen SM Polos Cup 2017 hari pertama bisa dilihat disini !
Untuk Final albumnya ada disini !

No comments: