Saturday, March 10, 2018

Yasmin Oh Yasmin

Yasmin Oh Yasmin
Oleh: Iwan Sumantri (Guru Matematika)

Bertempat di Hotel Yasmin Cianjur, Bimtek Penyegaran Instruktur Kabupaten (IK) K-13 Kabupaten/Kota Jenjang SMP angkatan II untuk kabupaten Sukabumi digelar. Bimtek tersebut dilaksanakan sejak tanggal 8 - 10 Maret 2018 diikuti oleh 200 peserta yang tersebar di kabupaten Sukabumi yang mewakili 10 guru mata pelajaran (PAI,PKKn,IPS,IPA,MAtematika,Bahasa Indonesia,Bahasa Inggris,Seni Budaya,PJOK,Prakarya), para kepala Sekolah yang menjadi IK dan para pengawas pada tahun 2016 atau tahun 2017.

Bimtek penyegaran untuk para IK K-13 ini bertujuan untuk membekali dan menghasilkan para Instruktur Kabupaten K-13 yang menguasai dan mampu menyajikan integrasi materi pelatihan tahun 2018 secara optimal yang meliputi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Penerapan Literasi, dan Penyusunan Ujian Berstandar Nasional (USBN) 

LPMP Provinsi Jawa Barat, selaku penyelenggara kegiatan Bimtek ini berharap dengan kegiatan ini akan tersedianya Instruktur Kurikulum 2013 khusunya di kabupaten Sukabumi umumnya di semua kabupaten/kota yang ada di provinsi Jawa Barat, yang menguasai dan mampu menyajikan integrasi materi pelatihan tahun 2018 yang meliputi Penguatan Pendidikan Karakter,Literasi, Kemampuan Abad 21 (Critical Thinkin,Creative,Colaboration dan Communication), soal HOTS.

Bimtek penyegaran kali ini dikemas sedemikian rupa, mulai dari pembukaan sampai dengan pembagian kelompok (Kelompok A sampai Kelompok F), yang masing-masing kelompok terdiri dari beberapa mata pelajaran. Saya yang beruntung salah satunya masuk dikelompok F yang meliputi mata pelajaran Matematika, Seni Budaya, Bahasa Inggris, Prakarya dan IPS yang masing-masing mata pelajaran diwakili oleh 6 guru atau kepala sekolah.


Kegiatan Bimtek pada hari pertama, Kamis, 8 Maret 2018,dimulai dengan Pembukaan dilanjutkan dengan penyajian materi umum yang meliputi Kebijakan dan Dinamika Perkembangan Kurikulum, Konesp Penguatan Pendidikan Karakter,Konsep Penguatan Literasi,Penysunan Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasinal, Penyelenggaraan Pelatihan dan Pemdampingan K-13 Tahun 2018. Jumat, 9 Maret 2018 diisi dengan materi pokok Integrasi PPK dan Lietarsi dalam Pembelajaran dan Penilaian, Penyegaran Materi Pokok (Overvieu) yang disajikan di masing-masing kelompok oleh para Nara Sumber (Para IP).dan kegiatan Penutupan, Sabtu, 10 Maret 2018 diisi dengan Review dan Tindak Lanjut.

Dikegiatan kelompok inilah yang menarik dan menantang untuk para peserta, karena Bimtek penyegaran ini ajang untuk sharing dan berbagi serta untuk mengetahui karakter masing-masing mata pelajaran. Bagaimana RPP yang dibuat untuk diterapkan ketika pendampingan menjadi poin dan materi yang pokok, karena di RPP inilah PPK,Literasi dan Kemampuan Abad 21 harus dimunculkan.
Berbekal ilmu yang didapat di Bimtek sebelumnya, akhirnya tugas tersebut dapat diselesaikan sampai dengan pukul 22.00 WIB.

Yasmin Oh Yasmin...kau telah memberikan banyak ilmu buatku,mempertemukan kami dengan guru-guru se kabupaten Sukabumi, bercenkrama,bercerita,sharing,berbagi,menerima...bekal kami tentunya buat generasi emas anak-anak negeri di tahun 2045.

Yasmin Oh Yasmin.....
Teririnng salam dan sejahtera buat semua pejuang-pejuang pebdidikan di negeri ini!