Thursday, May 17, 2018

Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Ala PGRI Kabupaten Sukabumi 2018

Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Ala PGRI Kabupaten Sukabumi 2018
Oleh: Iwan Sumantri

Cibadak, 17 Mei 2018. PGRI sebagai organisasi profesi, sudah selayaknya mendorong anggota untuk berkompetisi, bukan hanya di bidang olah raga dan seni, tapi juga dalam hal meningkatkan profesionalitas di bidang tugas pokoknya, yakni sebagai guru. Namun, belum ada kegiatan spesifik untuk mendorong anggota berkompetisi di bidang tsb.; missal berupa kegiatan lomba mengajar dan/atau menulis karya ilmiah. 

Porseni PGRI secara berkala diadakan setiap empat tahun sekali. Hal ini diselenggarakan sebagai ajang bagi seluruh anggota PGRI untuk mempererat tali silaturahmi sekaligus unjuk prestasi di bidang olah raga dan seni. 

Demi pertimbangan efektivitas dan efisiensi, serta dipertimbangkan perlunya mendorong anggota untuk berkompetisi di bidang peningkatan profesionalitas sebagai guru, maka bersamaan dengan Porseni kali ini, PGRI Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan lomba pengembangan profesi guru yang disebut Lomba Karya Inovasi Pembelajaran. 

Untuk memberikan rambu-rambu tentang pelaksanaan lomba tersebut, maka disusunlah sebuah panduan yang di dalamnya berisi juklak dan juknis lomba. Walaupun disajikan secara sederhana, panduan ini diyakini bisa memberikan panduan yang tepat, sehingga pelaksanaan lomba berjalan dengan baik sesuai harapan semua pihak.

Sabtu, 12 Mei 2018 yang bertempat di Wisma PGRI Kabupaten Sukabumi yang beralamat di alun-alun kota Sukabumi telah dilaksanakan Teknical Meeting untuk Lomba Karya Inovasi Pembelajaran tersebut yang dihadiri oleh para calon dan utusan masing-masing cabang PGRI yang ada di kabupaten Sukabumi. Dari 47 cabang PGRI yang ada, yang hadir hanya 22 cabang PGRI.

Hasil keputusan tidak jauh berbeda dengan petunjuk pelaksaan yang yang sudah dibuat oleh panitia (PGRI tingkat Kabupaten). Untuk Media/Alat Peraga Pembelajaran Inovatif tidak hanya guru saja yang bisa mengikutinya kepala sekolah juga bisa berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

Berikut Panduan Lomba Karya Inovasi Pembelajaran PGRI Kabupaten Sukabumi 2018 :


No comments: