Tuesday, August 20, 2013

Siapa Peraih Acer Guraru Award 2013 ?

Siapa Peraih Acer Guraru Award 2013 ?
Oleh: Iwan Sumantri

Nominasikan Blog PBM Matematika ini
Sekarang ini semakin banyak orang termasuk guru didalamnya berbagi dan mengembangkan diri melalui dunia maya (ICT) melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube dan BLOG serta media lainnya. 

Berbagai komunitas dengan topik pendidikan juga berkembang pesat, baik di ranah online maupun offline. Salah satunya adalah situs www.guraru.org yang hadir sejak November 2011, di mana guru dan para pemerhati pendidikan bisa saling berbagi pengalaman dan berinteraksi di sana. Kini situs komunitas Guraru telah berkembang menjadi salah satu wadah interaksi para guru di internet dengan jumlah anggota lebih dari 2500 orang.

Guna lebih meningkatkan kesadaran akan pentingnya penggunaan teknologi, terutama blog, dalam menyebarkan ilmu dan pengetahuan, Acer Indonesia melalui program Guru Era Baru (Guraru) mengadakan Acer Guraru Award.  Acer Guraru Award, yang sudah dimulai sejak tahun 2010, merupakan penghargaan tahunan kepada guru-guru terpilih yang dinilai telah memanfaatkan teknologi dengan efektif dan kreatif. Penghargaan ini diharapkan dapat terus mendorong para guru di Indonesia untuk terus menjadi bagian dari perkembangan teknologi informasi yang positif.

Sekedar informasi dan kilas balik tentang Acer Guraru Award sebagai berikut:
Tahun 2010, Acer Guraru Award menjaring sekitar 40-an blog guru yang dinominasikan oleh 270 orang. Jumlah ini meningkat sangat signifikan tahun 2011, yaitu 275 blog guru yang dinominasikan oleh 2566 orang. Pada tahun 2012, jumlah blog guru yang didaftarkan meningkat menjadi 359 blog.

Hingga kini, sudah terpilih tiga guru Indonesia yang mendapat penghargaan Acer Guraru Award; yaitu: Urip (guru Kimia MAN Pangkalan Bun), Agus Sampurno (guru SD Internasional Global Jaya, Jakarta) dan Dedi Dwitagama (kini guru di SMKN 50 Cipinang Muara). Penghargaan khusus juga diberikan kepada Sawali (guru di SMP 2 Pegandon, Kendal), Wijaya Kusumah (guru SMP Labschool, Jakarta), Amiroh Adnan (guru TIK SMKN 3 Jombang Jawa Timur) dan Yusrizal Panjaitan (SMKN 2 Tanjungbalai) atas konsistensinya berbagi mengenai pendidikan melalui blog dan media sosial.

Tahun 2012 melalui Acer Guraru Award tersebut, Blog PBM Matematika Masuk 15 Finalis kegiatan tersebut. Untuk Tahun 2013, dengan berbekal kepercayaan diri dan keinginan yang kuat berupaya untuk bisa berpartisipasi dalam ajang tersebut.

Syaratnya untuk ikut Acer Guraru Award 
  1. Aktif berkontribusi di dunia pendidikan Indonesia melalui media blog dan media sosial lainnya (Twitter, Facebook, forum, dll.)
  2. Blog yang dinominasikan berusia minimal 1 tahun.
  3. Blog yang didaftarkan dikelola oleh guru (pribadi) dan bukan milik kelompok atau sekolah
  4. Seluruh profesi guru (tidak harus anggota PGRI/IGI) boleh turut serta, termasuk guru honorer, guru privat, serta guru-guru dari Indonesia Mengajar
  5. Blog telah dioptimalkan untuk berbagi pengetahuan dan dilibatkan dalam proses belajar mengajar atau menjadi sarana interaksi antara guru dan murid
  6. Guru mendorong murid untuk pemanfaatan teknologi, khususnya media sosial, secara positif
  7. Aktif berkontribusi di situs www.guraru.org dan media sosial lain (Twitter, Facebook, forum, dan lain-lain.) untuk berbagi informasi dan pengetahuan tentang pendidikan menjadi nilai tambah.

Saya berharap dan memohon dengan sangat berterima kasih jika para siswa dan Anda pengunjung Blog PBM Matematika Iwan Sumantri untuk  bersedia menominasikan blog saya ini pada kompetisi Acer Guraru Award 2013. Caranya klik link berikut Acer Guraru Award 2013, kemudian isi data tentang anda dan blog yang dinominasikan. Adapun data tentang saya sebagai berikut :

  1. Nama guru / pemilik blog : Iwan Sumantri, S.Pd
  2. Url blog guru : http://iwansmtri.blogspot.com
  3. Url profil di guraru.org : http://guraru.org/anggota/iwansumantri
  4. Kota / Kabupaten : Sukabumi
  5. Akun twitter guru : @onesmmat
  6. Akun facebook guru : http://www.facebook.com/iwansmtri
  7. Email guru : iwansmtri@gmail.com
  8. Mengapa Anda/guru yang dinominasikan layak menerima Acer Guraru Award berikutnya ? Isikan sesuai pendapat Anda

Tak ada kata yang pantas saya ucapkan selalin ucapan Terima kasih yang sebesar-besarnya para siswa dan anda  berkenan untuk menominasikan blog PBM Matematika Iwan Sumantri ini dalam kompetisi Acer Guraru Award 2013….semoga kebaikan para siswa dan anda semua Allah Swt membalasnya. Amin.

6 comments:

Ibnu Fajar said...

Moga2 saja tahun ini tidak sekedar jadi nominator Pak...

Salam

Iwan Sumantri said...

@Pak Ibnu Fajar: Makasih Pak Atas Doanya....yah maunya gitu sih Pak, tapi banyak guru-guru yang aktif dan kreatif salah satu nya Pak Ibnu Fajar....mudah2an tahun ini Sukses buat semuanya !

obat epilepsi said...

makasih banyak infonya gan ..

Krani Pratiwi said...

Siap Pak! Udah saya nominasikan semoga berhasil !

obat kanker lidah said...

terimakasih banyak infonya gan , sangat menarik sekali ..eg

yusrizal panjaitan said...

Wah masuk juga nama saya heheh.. guru elektronik blog yang berusaha menyajikan Citra Indah dalam sajiannya templatenya.. dan menu-menunya.. :)
visit my site :
BJGP-Rizal : Pembelajaran Online Guru Elektronik